PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VB SD NEGERI 1 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Nasib, Titik Hariyani (2014) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VB SD NEGERI 1 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (358Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (1696Kb)

Abstrak

Latar belakang penelitian ini, didasarkan hasil observasi dan wawancara terhadap guru kelas VB SD Negeri 1 Metro Barat. Guru belum menerapkan model cooperative learning tipe two stay two stray. Pada saat pembelajaran siswa masih banyak yang tidak memperhatikan penjelasan guru. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya aktivitas siswa. Hasil belajar siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model cooperative learning tipe two stay two stray. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang melalui empat tahapan yaitu; perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Prosedur penelitian ini dilaksanakan melalui tiga siklus. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan kinerja guru serta tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 54,32 “cukup”, pada siklus II sebesar 72,71 “aktif” dan pada siklus III sebesar 79,93 “aktif”. Dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 18,39 dan dari siklus II ke siklus III sebesar 7,22. Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I sebesar (64,74), siklus II sebesar (69,74) dan siklus III sebesar (77,37). Dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 5 dan dari siklus II ke siklus III sebesar 7,63. Kata Kunci: aktivitas, hasil belajar, cooperative learning tipe two stay two stray.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Robidin
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:03
Last Modified: 03 Feb 2014 04:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/640

Actions (login required)

View Item View Item