Uji Prima, Agung (2022) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI MOBILE LEARNING MATERI SEPAK BOLA KELAS IX DI SMP NEGERI 1 PEKALONGAN LAMPUNG TIMUR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
File PDF
2. TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1961Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1235Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi dan kondisi, proses pengembangan, karakteristik produk, dan mengetahui respon/tanggapan pengguna produk. Penelitian ini menggunakan metode dan pengengembangan R&D dengan pendekatan Hannafin and Pack. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, observasi dengan Teknik analisis data statistic deskriptif. Hasil penelitian analisis potensi dan kondisi di SMP Negeri 1 Pekalongan sangat perlu adanya pengembangan media pembelajaran untuk mengatasi masalah pembelajaran PJOK khususnya pada materi sepak bola. Pengembangan ini menghasilkan produk aplikasi berbasis android. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh skor 89,77% (layak). Sedangkan hasil validasi ahli media mendapatkan skor 92,5% (sangat layak), selanjutnya pada hasil validasi ahli desain mendapatkan skor 90,9% (sangat layak). Hasil uji coba produk dilakaukan oleh 2 orang guru mendapatkan skor 100% dan dilakukan uji coba 3 peserta didik mendapatakan persentase 94,17% dan uji coba ke 25 peserta didik mendapatkan 95,3% dengan keteria sangat layak. Karekteristik produk media ini bisa digunakan secara mandiri oleh peserta didik dan atau digunakan dengan bimbingan guru selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil respon dan tanggapan pengguna oleh guru dan peserta didik, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Aplikasi Mobile Learning ini dapat diimplementasikan pada peljaran PJOK kelas IX di SMP N 1 Pekalongan Lampung Timur. Kata Kunci: Aplikasi, Mobile Learning, Android Studio, Sepak Bola, Hanafin & Peack Abstrack This study aims to analyze the potential and conditions, the development process, product characteristics, and determine the response / responses of product users. This study uses the method and development of R&D with the Hannafin and Pack approach. Collecting data using interviews, questionnaires, observations with descriptive statistical data analysis techniques. The results of the research on the analysis of the potential and conditions at SMP Negeri 1 Pekalongan really need the development of learning media to overcome PJOK learning problems, especially in soccer material. This development produces an android-based application product. The results of the validation by material experts obtained a score of 89.77% (decent). While the results of the media expert's validation got a score of 92.5% (very feasible), then the design expert's validation results got a score of 90.9% (very feasible). The results of product trials carried out by 2 teachers got a score of 100% and a trial was conducted for 3 students to get a percentage of 94.17% and a trial to 25 students got 95.3% with very decent criteria. The characteristics of this media product can be used independently by students and or used with teacher guidance during the learning process. Based on the results of responses and user responses by teachers and students, it can be concluded that this Mobile Learning Application learning media can be implemented in PJOK class IX lessons at SMP N 1 Pekalongan, East Lampung. Keywords: Applications, Mobile Learning, Android Studio, Soccer, Hanafin & Peack
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan |
Pengguna Deposit: | 2203870651 . Digilib |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 01:30 |
Terakhir diubah: | 30 Jun 2022 01:30 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64014 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |