PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII SMP

ELMA PURNAMA AINI, 1823021008 (2022) PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII SMP. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (278Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2814Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2322Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII SMP Oleh El ma Purnama Aini Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa handout berbasis etnomatematika yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Proses pengembangan media ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Sugiyono. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP IT Insan Taqwa Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2021/2022. Subek penelitian siswa keas VII.A dan Keas VII.B SMP IT Insan Taqwa Lampun Selatan. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket dan tes temahaman konsep. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji-t. Berdasarkan penelitian diperoleh data hasil validasi handout berbasis etnomatematika oleh validator pertama mendapatkan nilai rata-rata 81% dengan kriteria sangat valid, dan validator kedua mendapatkan nilai rata-rata 67,36% dengan kriteria valid. Sedangkan hasil tanggapan guru dan siswa terkait handout berbasis etnomatematika memperoleh skor rata-rata 83,9% dan 88,15% dengan kriteria praktis. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa handout efektif meningkatkan peamahaman konsep siswa. Handout berbasis etnomatematika dapat digunakan sebagai media alternatif dalam pembelajaran untuk membantu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Kata Kunci: Handout, etnomatematika, Pemahaman Konsep. ABSTRACT DEVELOPMENT OF ETNOMATHEMATICS-BASED HANDOUTS TO IMPROVE CONCEPT UNDERSTANDINGSTUDENTS OF CLASS VII JUNIOR HIGH SCHOOL By: Elma Purnama Aini This research is a development research that aims to produce a valid, practical and effective product in the form of an ethnomathematical-based handout to improve students' conceptual understanding. The process of developing this media uses the Sugiyono research and development model. The research population was seventh grade students of SMP IT Insan Taqwa South Lampung in the 2021/2022 academic year. The research subjects were students of class VII.A and class VII.B of SMP IT Insan Taqwa, South Lampung. Collecting data using interview techniques, questionnaires and concept understanding tests. The data analysis technique used is descriptive statistics and t-test. Based on the research, the results of handout data validation based on ethnomathematics obtained an average value of 67.36% with valid criteria. The results of the limited trial in the form of teacher and student response questionnaires related to ethnomathematics-based handouts obtained an average score of 83.9% and 88.15% with practical criteria. The results of the extensive trial in the form of tests showed that handouts were effective in increasing students' understanding of concepts. Ethnomathematics-based handouts can be used as learning materials in learning to help improve students' understanding of concepts. Keywords: Handout, ethnomathematics, Concept Understanding.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 303 Proses sosial
300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Magister Ilmu Matematika
Pengguna Deposit: 2203349095 . Digilib
Date Deposited: 05 Jul 2022 01:26
Terakhir diubah: 05 Jul 2022 01:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64053

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir