PENGARUH COATING EKSTRAK DAUN CINCAU HIJAU (Cyclea barbata L.) DAN SUHU PENYIMPANAN TERHADAP PERUBAHAN FISIK TOMAT (Solanum lycopersicum L.) SELAMA PENYIMPANAN

Deva Ayu Aisyah, 1714071069 (2022) PENGARUH COATING EKSTRAK DAUN CINCAU HIJAU (Cyclea barbata L.) DAN SUHU PENYIMPANAN TERHADAP PERUBAHAN FISIK TOMAT (Solanum lycopersicum L.) SELAMA PENYIMPANAN. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak

Tomat terlapisi lilin alami sejak di pohon, namun lapisan lilin alami memudar bahkan hilang akibat perlakuan pascapanen. Aplikasi coating berfungsi untuk mengganti lapisan lilin menggunakan tapioka dengan penambahan ekstrak daun cincau hijau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi coating ekstrak daun cincau hijau dengan 3 konsentrasi terhadap 5 parameter fisik tomat yaitu tingkat kekerasan, susut bobot, kadar air, total padatan terlarut (TPT), dan warna merah tomat pada penyimpanan suhu ruang dan suhu dingin serta menentukan perlakuan terbaik dari kombinasi yang diterapkan selama penyimpanan. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) faktorial dengan 2 faktor. Faktor pertama suhu penyimpanan yang terdiri dari 2 level suhu yaitu suhu ruang (S1) dan suhu dingin (S2). Faktor kedua konsentrasi ekstrak daun cincau hijau yang terdiri dari 3 level konsentrasi ekstrak yaitu 10%, 30%, dan 50%. Jika hasil analisis ragam taraf 5% terdapat pengaruh nyata maka dilakukan uji lanjut duncan untuk melihat adanya interaksi antar perlakuan. Berdasarkan analisis, perlakuan variasi konsentrasi ekstrak daun cincau hijau dan suhu penyimpanan berpengaruh terhadap 3 parameter fisik tomat yaitu tingkat kekerasan, kadar air, dan warna merah tomat. Namun tidak memberikan pengaruh terhadap 2 parameter lain yaitu susut bobot dan total padatan terlarut (TPT) selama 13 hari penyimpanan. Penyimpanan suhu dingin dan konsentrasi ekstrak 30% (S2K2) merupakan perlakuan terbaik dalam penelitian ini. Perlakuan S2K2 mampu mempertahankan tingkat kekerasan, kadar air, dan warna merah tomat pada hari ke-13 dengan kondisi susut bobot tomat lebih besar dari 10%. Berdasarkan pengamatan lanjutan, perlakuan S2K2 mampu mempertahankan umur simpan tomat hingga 27 hari penyimpanan. Kata Kunci: tomat, coating, suhu penyimpanan, konsentrasi ekstrak daun cincau hijau.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Teknik Pertanian
Pengguna Deposit: 2203269130 . Digilib
Date Deposited: 07 Jul 2022 06:34
Terakhir diubah: 07 Jul 2022 06:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64081

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir