PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT KELAS VA SD NEGERI SIDOSARI TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Kusairi Alamin, Sofia Desti Anggraini (2014) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT KELAS VA SD NEGERI SIDOSARI TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab 1.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab 2.pdf

Download (179Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab 3.pdf

Download (415Kb) | Preview
[img] File PDF
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1082Kb)
[img]
Preview
File PDF
Bab 5.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Pustaka.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (4Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VA SD Negeri Sidosari tahun pelajaran 2012/2013. Terbukti dari rata-rata nilai mid semester ganjil siswa yang hanya mencapai 62. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan media Power Point. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur dilaksanakan melalui tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi motivasi siswa dan kinerja guru, serta soal-soal tes hasil belajar yang dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media Power Point pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VA SD Negeri Sidosari berdampak pada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata motivasi siswa pada siklus I 56,25 meningkat sebesar 5,3 pada siklus II menjadi 61,55 dan terjadi peningkatan 10,97 pada siklus III menjadi 72,52. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 62,58 dengan ketuntasan belajar siswa 55%, rata-rata hasil belajar meningkat sebesar 5,48 pada siklus II menjadi 68,06 dengan ketuntasan belajar mencapai 68% dan terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 7,42 pada siklus III menjadi 75,48 dengan ketuntasan belajar siswa 83,87%. Kata kunci: Media Power Point, motivasi, hasil belajar, IPS.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > H Social Sciences (General)
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:03
Terakhir diubah: 03 Feb 2014 04:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/641

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir