ANALISIS MOTIVASI SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN GEOGRAFI MASA PANDEMI COVID 19 DI KELAS XII SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG

MELANI SIMANJUNTAK, 1713034034 (2022) ANALISIS MOTIVASI SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN GEOGRAFI MASA PANDEMI COVID 19 DI KELAS XII SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (1996Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1634Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1996Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran geografi di masa pandemi covid-19. yang mana motivasi yang menjadi fokus penelitian dengan 5 variabel yakni dimensi tekun dalam belajar, dimensi ulet dalam menghadapi kesulitan, dimensi minat dan ketajaman dalam belajar, dimensi berprestasi belajar dan dimensi mandiri dalam belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan spasial. Dimana alat pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dokumentasi serta angket dengan 20 pertanyaan. Sedangkan populasi yang digunakan adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 8 Bandar Lampung berjumlah 122 siswa dengan sampel penelitian yang digunakan sebanyak 25 siswa yang dipilih secara acak. Dengan menggunakan teknik analisis deskriptif sebagai teknik analisis data serta menggunakan uji validitas serta reabilitas sebagai uji instrumen data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Motivasi siswa dalam dimensi tekun dalam belajar dikategorikan kriteria motivasi tinggi. (2) Motivasi siswa dalam dimensi ulet dalam menghadapi kesulitan dikategorikan kriteria motivasi sedang. (3) Motivasi siswa dalam dimensi minat dan ketajaman dalam belajar dikategorikan kriteria motivasi tinggi. (4) Motivasi siswa dalam dimensi berprestasi belajar dikategorikan kriteria motivasi tinggi. (5) Motivasi siswa dalam dimensi mandiri dalam belajar dikategorikan kriteria motivasi tinggi. Kata Kunci : Motivasi, Pembelajaran Geografi, Pandemi Covid-19.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi > 910 Geografi dan perjalanan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 2203921920 . Digilib
Date Deposited: 25 Jul 2022 05:38
Terakhir diubah: 25 Jul 2022 05:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64213

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir