PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TEMATIK BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD

PRIO DWI HARDINATA, 1923053029 (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TEMATIK BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (174Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mengembangkan lembar kerja peserta didik tematik berbasis guided discovery learning untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian dan pengembangan yang digunakan merujuk pada teori R&D Borg and Gall. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas V SD Negeri 3 Kresnomulyo. Teknik pengumpulan data menggunakan non tes berupa observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Uji coba LKPD diperoleh bahwa LKPD tersebut valid, reliabel, berdistribusi normal, dan efektif dalam mengukur motivasi belajar peserta didik, serta secara keseluruhan dinyatakan “Sangat Baik atau Sangat Layak” berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, ahli bahasa, pendidik dan peserta didik. Maka produk LKPD berbasis guedid discoveri learning untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang dikembangkan ini tidak dilakukan revisi dan layak untuk diimplementasikan. (2) Berdasarkan perolehan persentase n-gain pada kelas sebesar 58,32% termasuk dalam kategori cukup efektif. Kata kunci: lembar kerja peserta didik (lkpd), motivasi belajar, guided discovery learning This study aims to develop a thematic student worksheet instrument based on guided discovery learning to increase students' learning motivation in elementary schools. The type of research and development used refers to the R&D theory of Borg and Gall. The subject of this research is the fifthgrade students of SD Negeri 3 Kresnomulyo. Data collection techniques using non-test in the form of observation, questionnaires, and documentation. Data analysis used qualitative analysis with descriptive percentage for expert and practitioner validation, and was effective. This is evidenced by the results of the validation of material experts, media experts, and linguists in the "Very Valid" category. LKPD based on the guided discovery learning model is practically used by fulfilling the attractiveness, convenience and usefulness aspects in the "very practical" category. LKPD based on guided discovery learning learning model is effectively used in increasing students' learning motivation on pretest and posttest scores with the results of the N-Gain calculation in the experimental class being in the quite effective category. Keywords: student worksheets (lkpd), learning motivation, guided discovery learning

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2203204313 . Digilib
Date Deposited: 26 Jul 2022 00:53
Terakhir diubah: 26 Jul 2022 00:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64222

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir