PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS 4 SEKOLAH DASAR

Alpiyah, 2023054002 (2022) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS 4 SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (204Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (10Mb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (10Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita bergambar berbasis lingkungan yang layak dan efektif untuk meningkatkan minat membaca peserta didik. Metode penelitian menggunakan desain Borg & Gall. Sampel penelitian adalah peserta didik SDN 1 Rajabasa Raya, Bandar Lampung. Teknik Pengumpulan data menggunakan lembar angket dan observasi. Buku cerita bergambar berbasis lingkungan efektif digunakan untuk meningkatkan minat membaca berdasarkan pada hasil uji t-test yaitu t hitung > t tabel (153,03 > 2,0049) dengan taraf signifikansi 5%, dan hasil Uji effectsize diperoleh skor sebesar 0,829 yaitu interpretasi sebesar 0,8 ≤ d ≤ 2,0 di kategorikan memiliki efek yang besar terhadap pengembangan buku cerita bergambar berbasis lingkungan untuk meningkatkan minat membaca peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa produk buku cerita bergambar berbasis lingkungan layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan minat membaca peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar. Kata Kunci: buku cerita bergambar, lingkungan, minat membaca. ABSTRACT This research and development aims to develop an appropriate and effective environment-based picture story book to increase student’s reading interest. The research method used a Borg & Gall design. The research sample was students of SDN 1 Rajabasa Raya, Bandar Lampung. Data collection techniques using questionnaires and observation sheets Environmentally based illustrated story books are effectively used to increase reading interest based on the results of the t-test, namely tcount > ttable (153.03 > 2.0049) with a significance level of 5%, and the results of the effectsize test obtained a score of 0.829, namely the interpretation of 0.8 d 2.0 is categorized as having a large effect on the development of environmental-based picture story books to increase student’s reading interest. Based on the results of the study, it was shown that the environmental-based picture story book product was feasible and effective to be used to increase the reading interest of the fourth grade elementary school students. Keyword: picture story book, environment, reading interest.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2203667814 . Digilib
Date Deposited: 27 Jul 2022 01:19
Terakhir diubah: 27 Jul 2022 01:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64249

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir