PERAN KEPEMIMPINAN DALAM RANGKA OPTIMALISASI KINERJA BIROKRASI MELALUI KEBIJAKAN POLA KERJA KOMBINASI (WFH dan WFO) DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Lampung)

DESMAYANTI, ROSIANA (2022) PERAN KEPEMIMPINAN DALAM RANGKA OPTIMALISASI KINERJA BIROKRASI MELALUI KEBIJAKAN POLA KERJA KOMBINASI (WFH dan WFO) DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1834Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1255Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pandemi Covid-19 pertama kali melanda indonesia pada perkiran bulan maret tahun 2020 yang kemudian banyak negara yang mengambil kebijakan sesuai dengan situasi dan kondisi di negara masing-masing. Salahsatu dampak yang ditimbulkan selain dari dunia kesehatan yaitu dunia pemerintahan . Kinerja birokrasi dimasa pandemi Covid-19 disesuaikan dengan kondisi pandemi, Pemerintah mengelurkan berbagai peraturan dan regulasi agar tata kelola pemerintahan tetap berjalan efektif. Ada dua dimensi tata kelola birokrasi yang berubah sebagai dampak Pandemi Covid-19.Yakni,dimensi organisasi dan sistem kerja.Dari sisi organisasi, telah terjadi perubahan dari semula dilakukan dengan cara normal menuju adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi. Dari sisi sistem kerja, terdapat dua pilihan yaitu bekerja dari rumah atau work from home (WFH) dan tetap bekerja di kantor atau work from office (WFO). Kinerja Birokrasi publik menjadi sangat penting atau dengan kata lain memiliki nilai yang amat strategis, sehingga sebagaimana dijelaskan bahwa sebagai organisasi modern,birokrasi pada dasarnya memiliki lima elemen yang mana salahsatunya yaitu the strategic-apex atau pemimpin puncak yang bertanggung jawab penuh atas berjalannya roda organisasi. Sehingga dala hal ini sangat diperlukannya seorang pemimpin yang mampu mengatasi perubahan kinerja ini, pemimpin yang memiliki jabatan tertinggi dan wewenang atas segala kegiatan dalam instansi tersebut. Dalam hal ini pemimpin memiliki tugas sebagai seorang pimpinan atau atasan yang mampu membawahi anggotanya untuk menghasilkan efektivitas tujuan–tujuan organisasi sebagai pemimpin. Penggunaan gaya kepemimpinan yang tepat dengan situasi dan juga kondisi,baik kondisi bawahan maupun kondisi lingkungan yang terjadi dapat meningkatkan kinerja birokrasi. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini gaya kepemimpinan yang tepat atau cocok diterapkan dimasa pandemi Covid-19 yaitu gaya kepemimpinan Selling atau mengikutsertakan, karena dalam kondisi ini kesiapan bawahan berada pada tahap tidak mampu tetapi mau,yaitu bawahan tidak memiliki kemampuan, tetapi memiliki motivasi dan sedang berusaha. Dalam hal ini para bawahan belum mampu mengadaptasi aanya perubahan yang terjadi yang diakibatkan adanya Pandemi Covid-19, Sehingga dalam hal ini perlunya kehadiran pimpinan untuk memberikan tuntutan dan motivasi kepada para bawahan tersebut. Kata Kunci:Covid-19,BirokrasI Publik,Kepemimpinan Situasional

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: 2203422715 . Digilib
Date Deposited: 28 Jul 2022 07:10
Terakhir diubah: 28 Jul 2022 07:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64287

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir