Wulandari, Septi (2022) PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DI MASA PANDEMI PADA PAUD ISLAM ALIF KELURAHAN WAY MENGAKU KABUPATEN LAMPUNG BARAT. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1510Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1041Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak di masa pandemi pada PAUD Islam Alif Kelurahan Way Mengaku Lampung Barat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dari penelitian ini dilakukan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun informan kunci nya adalah tiga orang tua peserta didik. Analisa data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Hubberman yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan proses penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua sangat penting dalam meningkatkan motivasi belajar anak terutama di masa pandemi. Hal ini terbukti dari hasil wawancara dengan para orang tua dan keluarga nya. Orang tua menjelaskan bahwa pelaksanaan peran orang tua sebagai pembimbing, motivator serta fasilitator harus dijalankan semaksimal mungkin untuk mendukung motivasi belajar anak terutama di masa pandemi. Sedangkan hasil wawancara mengenai cara meningkatkan motivasi anak di masa pandemi terdapat beberapa cara yang sering diterapkan dalam proses belajar di rumah seperti memberikan pujian, memberikan hadiah, mengajak anak mengeksplorasi lingkungan sekitar dan memberikan hukuman yang sederhana apabila sangat diperlukan. Kata Kunci : peran orang tua, motivasi belajar, masa pandemi This study aims to describe the role of parents in increasing children's learning motivation during the pandemic at PAUD Islam Alif, Way Mengaku village, West Lampung. This research is a qualitative research which is descriptive. Data collection from this research was conducted through interview, observation and documentation techniques. The key informants are three parents of students. Data analysis was carried out using the Miles and Hubberman model which included : data collection, data reduction, data presentation and the process of drawing conclusions. The results show that the role of parents is very important in increasing children's learning motivation, especially during the pandemic. This is evident from the results of interviews with parents and their families. Parents explained that the implementation of the role of parents as mentors, motivators and facilitators must be carried out as much as possible to support children's learning motivation, especially during the pandemic. Meanwhile, the results of the interviews regarding how to increase children's motivation during a pandemic are often applied in the learning process at home such as giving praise, giving gifts, inviting children to explore the surrounding environment and giving simple punishments if it is really needed. Keywords: the role of parents, learning motivation, pandemic era
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Anak Usia Dini |
Pengguna Deposit: | 2203154493 . Digilib |
Date Deposited: | 28 Jul 2022 07:13 |
Terakhir diubah: | 28 Jul 2022 07:13 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64288 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |