PENGGUNAAN METODE RESITASI DALAM PEMBELAJARAN TARI MULI SIGER PADA KEGIATAN EKSTRAKULIKULER TARI DI SMA NEGERI 1 GEDONG TATAAN

WARDANI , TIARA EKA (2022) PENGGUNAAN METODE RESITASI DALAM PEMBELAJARAN TARI MULI SIGER PADA KEGIATAN EKSTRAKULIKULER TARI DI SMA NEGERI 1 GEDONG TATAAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (151Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3271Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3266Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah proses penggunaan metode resitasi dalam pembelajaran tari Muli Siger pada kegiatan ekstrakulikuler tari di SMA Negeri 1 Gedong Tataan. Tujuan dari penelitian yaitu mendeskripsikan proses penggunaan metode resitasi dalam pembelajaran tari Muli Siger pada kegiatan ekstrakulikuler tari di SMA Negeri 1 Gedong Tataan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari guru seni tari dan siswa kelas X dan XI yang berjumlah 10 orang siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler tari. Penggunaan metode resitasi pada pembelajaran ekstrakulikuler tari dilakukan berdasarkan tiga tahap yaitu: Pertama fase pemberian tugas, berupa pemberian materi tari Muli Siger dari youtube dan memberikan waktu pengerjaan tugas kepada siswa. Kedua langkah pelaksanaan tugas, yaitu siswa mampu mempraktikan ragam gerak sesuai dengan intruksi guru. Ketiga fase mempertanggungjawabkan tugas, yaitu siswa diminta untuk dapat mempraktikkan ragam gerak yang telah dipelajari secara mandiri. Kata kunci: Metode Resitasi, Pembelajaran tari Muli Siger The problem in this research is how process of using the recitation method in Muli Siger dance learning in dance axtracurriculer activities at SMA Negeri 1 Gedong Tataan. The purpose of this research is to describe the process of using the racitation method in Muli Siger dance learning in dance axtracurriculer activities at SMA Negeri 1 Gedong Tataan. The study uses a qualitative method through descriptive approach. The data collection techniques in this study are observations, interviews, and documentation. Data analysis in this research is data reduction, data presentation, and conclusion. The data souces in this study were obtained from the dance arts teachers and students in grades X and XI, totaling 10 students who took part in dance axtracurriculer activities. The use of the racitation method in dance extracurriculer learning is carried out based on three stages, namely: First the assignment, in the from of providing material for the Muli Siger dance from youtube and give time to work on assignments to students. Second the task implementation step, that is students are able to practice various movements according to the teacher’s instructions. Third the task accountability phase, that is students are asked to be able to practicethe various movements that have been learned independently. Key words: Racitation method, Muli Siger dance learning.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
700 Seni, seni rupa, kesenian
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 2203954389 . Digilib
Date Deposited: 28 Jul 2022 07:16
Terakhir diubah: 28 Jul 2022 07:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64289

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir