PENGARUH LAMA FERMENTASI DAUN NANAS DAN Aspergillus niger TERHADAP KECERNAAN BAHAN KERING DAN BAHAN EKSTRAK TANPA NITROGEN SECARA IN VITRO

SITI MUKHAROMAH, 1814241019 (2022) PENGARUH LAMA FERMENTASI DAUN NANAS DAN Aspergillus niger TERHADAP KECERNAAN BAHAN KERING DAN BAHAN EKSTRAK TANPA NITROGEN SECARA IN VITRO. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKIRPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2667Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2600Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lama fermentasi dan level pemberian Aspergillus niger yang terbaik pada daun nanas terhadap kecernaan bahan kering dan kecernaan bahan ekstrak tanpa nitrogen. Penelitian ini dilaksanakan pada Januari--Maret 2022 di Laboratorium Nutrisi dan Makanan Ternak, Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung dan Laboratorium Nutrisi Ternak Perah, Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial 3x3 dimana pada masing-masing perlakuan terdapat 3 ulangan, sehingga terdapat 27 unit satuan percobaan. Perlakuan yang diberikan yaitu lama fermentasi (0, 6, dan 12 hari) dan level Aspergillus niger (0, 2, dan 4%). Peubah yang diamati adalah kecernaan bahan kering dan kecernaan bahan ekstrak tanpa nitrogen. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis ragam dengan taraf nyata 5% dan atau 1% dan dilanjutkan dengan uji LSD (Least Significant Difference). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara lama fermentasi dan level pemberian Aspergillus niger terhadap kecernaan bahan kering dan kecernaan bahan ekstrak tanpa nitrogen. Nilai kecernaan bahan kering terbaik pada kombinasi lama fermentasi 0 hari dan level Aspergillus niger 4% sebesar 56,09% dan nilai kecernaan bahan ekstrak tanpa nitrogen terbaik pada kombinasi lama fermentasi 0 hari dan level Aspergillus niger 4% sebesar 50,00%. Kata kunci : Aspergillus niger, daun nanas, fermentasi, kecernaan bahan ekstrak tanpa nitrogen, kecernaan bahan kering.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi S1-Nutrisi dan Teknologi Pakan Ternak
Pengguna Deposit: 2203943198 . Digilib
Date Deposited: 29 Jul 2022 07:58
Terakhir diubah: 29 Jul 2022 07:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64315

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir