PERAN PEMBELAJARAN PPKN DALAM MEMBENTUK CIVIC DISPOSITION PESERTA DIDIK DI SMPN 23 BENGKULU SELATAN

Rahma Yuniza, 1813032003 (2022) PERAN PEMBELAJARAN PPKN DALAM MEMBENTUK CIVIC DISPOSITION PESERTA DIDIK DI SMPN 23 BENGKULU SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1677Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1238Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran pembelajaran PPKn dalam membentuk civic disposition peserta didik di SMP Negeri 23 Bengkulu Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP Negeri 23 Bengkulu Selatan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik utama yaitu angket dan teknik penunjang yaitu wawancara. Alat bantu untuk menganalisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peran pembelajaran PPKn dalam membentuk civic disposition peserta didik di SMP Negeri 23 Bengkulu Selatan. Peran pembelajaran PPKn dalam pembentukan civic disposition pada peserta didik saat ini telah menunjukan peranya yaitu sebagai pembelajaran yang dapat membentuk sikap tanggung jawab, saling tolong menolong, dan mengikuti peratauran yang telah dibuat oleh sekolah jadi pembelajaran PPKn ini bukan hanya sekedar belajar memberikan materi akan tetapi ada banyak nilai yang terkandung didalam pembelajaran PPKn ini. Tujuanya adalah untuk menciptakan warga negara yang cerdas dan berkarakter oleh karena itu pembelajaran PPKn ini sangat penting dalam membentuk watak kewarganegaraan yang dapat berpikir positif, kritis dan rasional. Kata Kunci: Pembelajaran PPKn, Civic Disposition, peserta didik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 2203435119 . Digilib
Date Deposited: 03 Aug 2022 05:00
Terakhir diubah: 03 Aug 2022 05:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64397

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir