KARAKTER EKSPRESI SPESIFIK PLANLET ANGGREK Dendrobium sp. HASIL SELEKSI IN VITRO TERHADAP CEKAMAN KEKERINGAN DENGAN POLY ETHYLENE GLYCOL (PEG) 6000

FERIZA YOLANDA PUTRI, 1817021021 (2022) KARAKTER EKSPRESI SPESIFIK PLANLET ANGGREK Dendrobium sp. HASIL SELEKSI IN VITRO TERHADAP CEKAMAN KEKERINGAN DENGAN POLY ETHYLENE GLYCOL (PEG) 6000. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (177Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3768Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3409Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Anggrek Dendrobium sp. adalah salah satu jenis anggrek dengan cukup diminati dalam pasar anggrek. Keunggulan yang dimiliki oleh anggrek Dendrobium sp. yaitu warna yang bervariasi dan bentuk bunga yang sempurna, mudah ditanam, mudah dirangkai karena batang yang lentur, serta bunga yang dapat berkembang terus menerus. Masalah kekeringan merupakan salah satu kendala dalam aktivitas pertumbuhan anggrek secara fisiologis maupun morfologis. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengembangkan kultivar anggrek Dendrobium sp. yang resisten terhadap cekaman kekeringan yaitu dengan seleksi kultur in vitro planlet dengan PEG 6000. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kisaran konsentrasi PEG 6000 yang toleran terhadap cekaman kekeringan serta menganalisis karakter ekspresi spesifik pada planlet anggrek Dendrobium sp. yang mengalami kekeringan. Penelitian ini dilakukan dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 1 faktor, yaitu PEG 6000 dengan 5 taraf : 0%, 5%, 10%, 15%, dan 20% dengan 5 kali ulangan. Parameter yang diamati meliputi: persentase jumlah planlet yang hidup, visualisasi planlet, pengamatan indeks stomata, dan analisis kandungan klorofil. Analisis data berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif disajikan dalam bentuk foto, sedangkan data kuantitatif dilakukan homogenitas dengan uji levene pada taraf nyata 5% lalu dilanjutkan dengan analisis Anova One Way pada taraf nyata 5%. Setelah itu, jika data menunjukkan berbeda nyata maka dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi PEG 6000 yang toleran terhadap cekaman kekeringan pada planlet anggrek Dendrobium sp. yaitu 20%. Semakin besar konsentrasi PEG 6000 maka kandungan klorofil a, b, total, dan indeks stomata pada planlet anggrek Dendrobium sp. semakin menurun. Kata kunci : Karakter spesifik, Dendrobium sp., cekaman kekeringan, in vitro, .PEG 6000.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 2203951292 . Digilib
Date Deposited: 04 Aug 2022 08:00
Terakhir diubah: 04 Aug 2022 08:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64436

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir