PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI IPS TERPADU KELAS VIII MENGGUNAKAN MULTIMEDIA SWAY DI SMP NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG

EKA SUDERAJAT, 2023011001 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI IPS TERPADU KELAS VIII MENGGUNAKAN MULTIMEDIA SWAY DI SMP NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (74Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2511Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1897Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi dan kondisi perlu dikembangkannya bahan ajar multimedia sway pada pembelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 1 Bandar Lampung, menganalisis proses pengembangan dan kelayakan bahan ajar multimedia sway, menganalisis karakteristik pengembangan bahan ajar multimedia sway, menganalisis keefektifan penggunaan bahan ajar multimedia sway, menganalisis kemenarikan penggunaan bahan ajar multimedia sway. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket kemudian dianalisis. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Prosedur penelitian ini adalah uji pendahuluan, mendesain produk bahan ajar, penyusunan instrumen, uji ahli, uji perorangan, dan uji terbatas. Hasil dari penelitian ini adalah (1) potensi dan kondisi awal sekolah mendukung untuk dikembangkan bahan ajar multimedia sway, (2) proses pengembangan bahan ajar multimedia sway meliputi 5 tahapan yaitu: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Setelah melalui proses uji coba dan revisi, bahan ajar ini layak digunakan pada pembelajaran, (3) karakteristik bahan ajar ini bersifat interaktif, integrasi dari beberapa aplikasi, dapat belajar mandiri (self-instruction), bersifat pengumpan respon antara guru dan siswa (stimulant feeder), sebagai penambah minat belajar (interest booster), bersifat fleksibel digunakan dimanapun dan kapanpun, menyesuaikan (adaptif) dengan tampilan device, serta familiar dengan pemakainya (user friendly), (4) hasil uji keefektifan pembelajaran menggunakan n-gain adalah 0,53 yang berarti pembelajaran menggunakan bahan ajar multimedia sway dinilai efektif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran IPS Terpadu, (5) Hasil uji kemenarikan diperoleh skor 4,27 yang menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan bahan ajar multimedia sway sangat menarik dan mudah dipahami bagi peserta didik. Kata kunci: bahan ajar, multimedia, aplikasi sway, IPS Terpadu

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: 2203873180 . Digilib
Date Deposited: 05 Aug 2022 03:38
Terakhir diubah: 05 Aug 2022 03:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64473

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir