KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS TEKS BERITA PADA MAHASISWA STRATA-1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA ANGKATAN 2020

DWI KURNIA APRIYANTI, 1713041025 (2022) KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS TEKS BERITA PADA MAHASISWA STRATA-1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA ANGKATAN 2020. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1460Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1284Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan mendeskripsikan kemampuan membaca kritis teks berita pada mahasiswa strata-1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2020 dan persepsi mahasiswa terhadap faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiwa strata-1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2020. Data dalam penelitian ini berupa hasil tes membaca kritis mahasiswa dan kuisioner faktor membaca mahasiswa. Data dikumpulkan dengan cara tes kemampuan membaca kritis teks berita dan kuisioner faktor membaca mahasiswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan menghitung hasil tes kemampuan membaca kritis teks berita menggunakan indeks tingat kesukaran butir soal dan menghitung hasil kuisioner menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca kritis teks berita pada mahasiswa Strata-1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2020 masuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata mahasiswa, yaitu sebesar 61,7. Terdapat dua faktor yang memengaruhi kemampuan membaca mahasiswa, yaitu faktor internal yang terdiri atas; minat, intelegensi, motivasi, kemampuan linguistik, tujuan pembaca, dan fisiologis serta faktor eksternal yang terdiri atas; sarana membaca, kebahasaan, lingkungan, kebiasaan dan tradisi membaca. Adapaun persepsi mahasiswa terhadap faktor internal sebesar 67,5% dan faktor eksternal dengan persentase sebesar 64,4% Kata kunci: membaca kritis, teks berita

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2203679685 . Digilib
Date Deposited: 05 Aug 2022 07:51
Terakhir diubah: 05 Aug 2022 07:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64501

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir