KARAKTER TOKOH UTAMA DALAM NOVEL RINDU KARYA TERE LIYE DAN IMPLIKASINYA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI MADRASAH ALIYAH (MA)

HERLINA, 1813041009 (2022) KARAKTER TOKOH UTAMA DALAM NOVEL RINDU KARYA TERE LIYE DAN IMPLIKASINYA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI MADRASAH ALIYAH (MA). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3187Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2736Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter tokoh utama yang terdapat dalam novel Rindu karya Tere Liye dan mendeskripsikan hasil penelitian karakter tokoh utama novel Rindu karya Tere Liye sebagai alternatif bahan ajar di Madrasah Aliyah (MA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa novel Rindu karya Tere Liye serta data dalam penelitian ini adalah karakter tokoh utama yang terkandung dalam novel Rindu karya Tere Liye. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis isi teks. Teknik analisis teks tersebut digunakan untuk mendeskripsikan data-data mengenai karakter tokoh utama berdasarkan perspektif Islam yang ada dalam novel Rindu karya Tere Liye. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Rindu karya Tere Liye terdapat empat tokoh utama, yakni Ahmad Karaeng (Gurutta), Daeng Andipati, Ambo Uleng dan Bonda Upe serta karakter tokoh utama yang dianalisis menggunakan teori Abdul Mujib berdasarkan perspektif Islam. Karakter tersebut meliputi lima aspek di antaranya karakter jujur (shidq), karakter terpercaya (amanah), karakter menyampaikan perintah (tabligh) dan karakter cerdas (fathanah). Karakter yang dimiliki dari masing-masing tokoh memiliki karakter yang berbeda-beda. Dalam hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa karakter yang dimiliki tokoh utama Ahmad Karaeng (Gurutta) yang paling mendominasi ialah karakter menyampaikan perintah (tabligh), karakter yang dimiliki tokoh utama Daeng Andipati yang paling mendominasi ialah karekrer terpercaya (amanah), karakter yang dimiliki tokoh utama Ambo Uleng yang paling mendominasi ialah karakter cerdas (fathanah) dan karakter yang dimiliki tokoh utama Bonda Upe yang paling mendominasi ialah jujur (shidq). Implikasi hasil penelitian ini adalah dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar untuk mendukung kurikulum pendidikan karakter di Madrasah Aliyah (MA). Kata kunci: Karakter tokoh utama, novel Rindu, implikasi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2203461345 . Digilib
Date Deposited: 08 Aug 2022 03:42
Terakhir diubah: 08 Aug 2022 03:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64562

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir