PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL BERBASIS PENDEKATAN STEM BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

PIXYORIZA, 1923021022 (2022) PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL BERBASIS PENDEKATAN STEM BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul digital berbasis pendekatan STEM berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah. Modul digital ini disusun dengan tampilan yang menarik menggunakan aplikasi Flip PDF Professional dan berbasis pendekatan STEM. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation. Data penelitian diperoleh menggunakan angket, observasi, wawancara dan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil analisis menunjukkan bahwa modul digital berbasis STEM berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah memiliki kategori valid dan praktis, dan n-gain rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik menggunakan modul digital berbasis pendekatan STEM sebesar 0,68 serta hasil uji paired sample test dengan hasil uji Symp.Sig (2-tailed) < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan peningkatan rata-rata yang signifikan pembelajaran menggunakan modul digital berbasis pendekatan STEM. Berdasarkan hasil penelitian, modul digital berbasis pendekatan STEM ini dapat dijadikan alternatif pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Kata Kunci: modul digital, kemampuan pemecahan masalah, pendekatan STEM

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2203278125 . Digilib
Date Deposited: 08 Aug 2022 03:49
Terakhir diubah: 08 Aug 2022 03:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64564

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir