PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH

Devika Aulia, 1813053056 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (184Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V di MI AL-KHAIRIYA Sinar Banten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan video youtube terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V MI. Metode penelitian ini adalah Quasi Experimental Group Design dengan bentuk yang digunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi berjumlah 120 orang dan sampel yang digunakan yaitu 80 peserta didik kelas VA dan VC, sampel ditentukan dengan teknik sampling non problity sampling. Pengumpulan data dengan teknik tes dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh dan perbedaan dari model pembelajaran problem based learning berbantuan video youtube terhadap kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci: Berpikir kritis, problem based learning, video youtube. The problem in this study is the low ability of critical thingking at the fifth grade scholars at MI AL-KHAIRIYA Sinar Banten student. This study aimed to determine the effect of the using learning problem based learning model supported by YouTube toward the critical thinking ability of fifth grader students at MI. This exploration system is Quasi Experimental Group Design with the form used is Nonequivalent Control Group Design. The sample population is 80 scholars from class VA and VC. Data was collected by using test, attestation, and observation ways. The results of this research was there are the effect and the difference from learning model of problem based learning supported by YouTube toward critical thingkinng ability. Key Word: Critical Thinking, Problem based learning, Youtube Video.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2203814230 . Digilib
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:24
Terakhir diubah: 08 Aug 2022 04:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64579

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir