PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NURUL HUDA ISLAMIC SCHOOL

VIKA NADIANA, 2023053025 (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NURUL HUDA ISLAMIC SCHOOL. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik dan LKPD yang digunakan belum mendukung kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD berbasis Problem Based Learning yang valid, menarik, mudah, bermanfaat dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian dan pengembangan yang digunakan merujuk pada teori Borg & Gall dan hanya sampai pada langkah ke sembilan dari sepuluh langkah penelitian pengembangan. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Nurul Huda Islamic School, Kota Metro. Pengambilan sampel sebanyak 27 peserta didik untuk masing-masing kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan uji-t, diperoleh hasil thitung = 8,14 sedangkan ttabel = 2,006. Karena thitung > ttabel yaitu 8,14 > 2,006 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian diperoleh hasil produk LKPD berbasis Problem Based Learning valid, menarik, mudah, bermanfaat dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci: berpikir kritis, LKPD, problem based learning, sekolah dasar The problem in this research was the low of critical thinking students and the worksheet used during learning does not support the ability of critical thinking students’s. This study aims to develop a student worksheet based on Problem Based Learning that is valid, interesting, easy useful and effective to improve the ability of critical thinking students. The type of research and development used refers to the theory Borg & Gall and only reaches the ninth step of the ten steps of development research. This research population is all fouth grade students of SD Nurul Huda Islamic School. Sampling of twenty seven students for each control class and experimental class. Data collection techniques using observation, interviews, tests and questionnaires. The data obtained were then analyzed descriptively qualitatively and quantatively by t-test, he results obtained tcount = 8.14 while ttable = 2.006. Because tcount > ttable which is 8.14 > 2.006 then Ho is rejected and Ha is accepted. The result showed that worksheet based Problem Based Learning is valid, interesting, easy, useful and effective to improve the ability of critical thinking students. Keywords: critical thinking, students worksheet, problem based learning, elementary school

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2203177454 . Digilib
Date Deposited: 08 Aug 2022 07:45
Terakhir diubah: 08 Aug 2022 07:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64592

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir