PENGARUH PEMBERIAN FUNGISIDA BENOMIL DENGAN DOSIS YANG BERBEDA DAN LAMA PENYIMPANAN TERHADAP KUALITAS BENIH INDIGOFERA SP.

RANGGA BIMA ZUNATA, 1614141016 (2022) PENGARUH PEMBERIAN FUNGISIDA BENOMIL DENGAN DOSIS YANG BERBEDA DAN LAMA PENYIMPANAN TERHADAP KUALITAS BENIH INDIGOFERA SP. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian fungisida benomil dengan dosis yang berbeda dan lama penyimpanan terhadap kualitas benih Indigofera sp. Penelitian ini dilaksanakan pada April—Juli 2021 bertempat Laboratorium Nutrisi dan Makanan Ternak, Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial (4 x 3) dengan perlakuan pertama adalah dosis fungisida benomil P0, P1, P2, dan P3 (0%, 2%, 4%, dan 6%) serta perlakuan kedua yaitu lama penyimpanan T1, T2, dan T3 (1, 2, dan 3 bulan). Parameter yang diamati adalah daya kecambah, kecambah normal, kecambah abnormal, benih keras, benih mati, dan benih terserang hama. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analysis of Varian (ANOVA) dengan taraf 5% serta dilakukan uji lanjut beda nyata terkecil (BNT) pada data yang menunjukkan hasil yang berbeda nyata. Hasil penelitian menunjukkan dosis fungisida benomil terbaik untuk penyimpanan benih Indigofera sp. adalah perlakuan P1 (2 mg/gr), karena perlakuan P1 menghasilkan persentase daya kecambah dan kecambah normal tertinggi serta menghasilkan persentase benih terserang hama yang rendah. lama penyimpanan terbaik untuk menyimpan benih Indigofera sp. adalah perlakuan T1 (lama penyimpanan 1 bulan) karena perlakuan T1 menghasilkan persentase daya kecambah dan kecambah normal tertinggi, masing-masing sebesar 9,77% dan 4,39%. Sedangkan tidak terdapat interaksi antara dosis fungisida benomil dengan lama penyimpanan terbaik terhadap kualitas benih Indigofera sp. Kata kunci: daya kecambah, fungisida benomil, Indigofera sp.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Peternakan
Pengguna Deposit: 2203895808 . Digilib
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:02
Terakhir diubah: 09 Aug 2022 08:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64680

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir