PENGEMBANGAN LKS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMANFAATAN LIMBAH KULIT PISANG BERORIENTASI PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH

WINDA RATNA NIRMALA, 1653023005 (2022) PENGEMBANGAN LKS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMANFAATAN LIMBAH KULIT PISANG BERORIENTASI PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4023Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS model pembelajaran berbasis proyek pemanfaatan limbah kulit pisang berorientasi peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan mendeskripsikan karakteristik LKS yang dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan pada pengembangan ini adalah Research and Development (R&D) menurut Borg and Gall. Subjek pada peneli-tian ini adalah LKS berbasis model pembelajaran berbasis proyek pemanfaatan limbah kulit pisang berorientasi peningkatan keterampilan pemecahan masalah. Objek uji untuk tahap penelitian dan pengumpulan data yaitu 1 guru mata pelajaran kimia kelas XII di SMAN 14 Bandar Lampung, SMAN 1 Labuhan Maringgai, SMAN 1 dan 2 Sekampung. Objek untuk uji coba terbatas yaitu 3 guru mata pelajaran kimia dan 15 siswa IPA kelas XII di SMAN 2 Sekampung. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu instrumen validasi ahli, angket tanggapan guru dan siswa. Teknik analisis data penelitian ini yaitu menghitung rata-rata persentase skor validasi ahli, tanggapan guru dan siswa. Berdasarkan hasil validasi didapatkan rata-rata persentase skor sebesar 78,82 % untuk aspek kesesuaian isi 79,09 %; untuk aspek konstruksi dan 77,50%; untuk aspek keterbacaan, ketiga aspek tersebut berkriteria tinggi dan LKS dinyatakan valid. Hasil uji coba lapangan diperoleh rata-rata persentase skor tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi, kontruksi, dan keterbacaan sebesar 81,17%; 83,93%; dan 83,93% yang semuanya dikategorikan sangat tinggi. Hasil tanggapan siswa diperoleh rata-rata persentase skor terhadap keterbacaan dan kemenarikan sebesar 81,15%, dan 82,33% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hal tersebut, maka LKS dinyatakan valid dan layak dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran. Kata kunci : LKS, Pembelajaran Berbasis Proyek, Kulit Pisang, Keterampilan Pemecahan Masalah

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2203214309 . Digilib
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:37
Terakhir diubah: 09 Aug 2022 07:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64724

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir