Imron Rosadi, 0913024045 (2015) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA PADA MATERI POKOK PERISTIWA ALAM DAN DAMPAKNYA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (115Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (173Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (326Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (202Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (17Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan audio visual terhadap penguasaan konsep dan aktivitas siswa. Desain penelitian adalah pretes-postes kelompok ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas V A dan V B yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa, diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan n-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-u. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa dan tanggapan siswa terhadap penggunaan audio visual yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibuktikan dengan rata-rata gain sebesar 39,41 ± 11,49. Peningkatan hasil belajar juga terjadi pada indikator aspek kognitif (C1, C2) dengan rata-rata n-gain pada indikator C1 sebesar 55,71 ± 56,66; indikator C2 sebesar 37,59 ± 13,84. Dari data yang ada diketahui bahwa terdapat nilai pretes yang lebih kecil dari nilai postes, sehingga didapatkan standar deviasi yang lebih besar dari pada nilai rata-rata. Sedangkan rata-rata aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen yaitu 73,97 ± 0,62 dengan kriteria sedang. Selain itu, sebagian besar siswa (94,49%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan audio visual. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan audio visual berpengaruh signifikan dalam meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep siswa pada materi pokok peristiwa alam dan dampaknya Kata kunci: aktivitas belajar penguasaan konsep, audio visual, peristiwa alam dan dampaknya
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Karya Karya Umum = 000 |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 4415129 . Digilib |
Date Deposited: | 27 Jan 2015 07:42 |
Terakhir diubah: | 27 Jan 2015 07:42 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6488 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |