DIGITALISASI SISTEM PELAYANAN PERIZINAN DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA METRO

MUTIARA TASYA, 1816041073 (2022) DIGITALISASI SISTEM PELAYANAN PERIZINAN DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA METRO. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3603Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pelayanan perizinan sering dikaitkan pada prosedur yang rumit, panjang, membutuhkan waktu yang lama, tidak efektif, dan rawan adanya calo dan pungutan liar oleh oknum-oknum tertentu.Adanya digitalisasi ini berupaya untuk mengubah stigma tersebut dengan adanya pelayanan yang memberikan kemudahan, kecepatan layanan, transparansi, prosedur yang sederhana, efektif dan efisien baik waktu dan biaya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian penerapan digitalisasi sistem pelayanan perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Kota Metro (DPMPTSP) dan keikutsertaan Pemerintah Daerah Kota Metro dalam hal tersebut, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan sistem ini.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dikaji dengan dua indikator elemen sukses dalam digitalisasi pada sektor publik, yaitu support (dukungan) dan value (manfaat). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan digitalisasi sistem pelayanan perizinan di DPMPTSP Kota Metro dengan menggunakan Aplikasi SICANTIK Cloud dan OSS RBA telah dianggap cukup berhasil dengan adanya dukungan yang baik dan manfaat yang diterima, serta kemudahan, layanan yang cepat, proses yang sederhana, transparansi dengan tracking pemrosesan, efektif dan efisiennya waktu dan biaya setelah dijalankannya sistem ini. Faktor pendukung: alokasi sumber daya yang baik, dukungan pemerintah daerah, jaringan internet yang menyeluruh, pemahaman masyarakat, dan letak geogrfis. Faktor penghambat: kendala akses, minim kuota untuk mengikuti kompetensi terkait sistem, dan integrasi sistem pendukung yang belum seluruhnya terkoneksi. Kata kunci:pelayanan publik, SICANTIK Cloud, OSS RBA, teknologi, eGovernment

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: 2208189056 . Digilib
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:48
Terakhir diubah: 16 Aug 2022 04:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64926

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir