ANDRE EDO LARICHIE, 1013022021 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (215Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (113Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (100Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (100Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RWAYAT HIDUP.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (141Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (521Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (342Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1234Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Fenomena-fenomena fisika yang bersifat abstrak seharusnya dapat dikemas secara sederhana dan efektif. Mengacu pada penelitian pendahuluan yang dilakukan di SMAN 16 Bandar Lampung diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa kit praktikum fisika belum lengkap khususnya pada materi Hukum Newton tentang gravitasi. Ada pun tujuan penelitian ini untuk (1) membuat Media Pembelajaran Berbasis TIK materi Hukum Newton tentang gravitasi sesuai dengan pendekatan saintifik dan (2) mengungkapkan kemenarikan dan keefektifan Media Pembelajaran Berbasis TIK materi Hukum Newton tentang gravitasi di SMAN 16 Bandar Lampung yang dikembangkan sebagai suatu sumber belajar. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA 4 dengan jumlah 38 siswa. Hasil yang diperoleh dari adalah media pembelajaran yang dikembangkan sesuai dengan karakteristik pendekatan saintifik dilihat dari uji materi yang dilakukan memuat butir kesesuaian produk yang terdiri dari 12 butir pertanyaan, semuanya menghasilkan kesesuaian dengan karakteristik pendekatan saintifik. Media dikategorikan menarik dengan perolehan skor 3,19 dan media pembelajaran yang dikembangkan efektif sebagai suatu sumber belajar dilihat dari hasil belajar siswa dimana lebih dari 75% siswa telah tuntas KKM, yaitu 78,94% dari jumlah seluruh siswa sebanyak 38 siswa dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 50. Kelebihan dari media pembelajaran yang dikembangkan adalah menggunakan format .swf sehingga dapat di gunakan pada pemutar media yang standar pada komputer, dikembangkan dengan pendekatan saintifik, dan penggunaannya yang praktis dengan format CD sehingga dapat dimuat di semua jenis perangkat komputer, sajiannya yang interaktif, dan menampilkan fenomena-fenomena fisika yang sulit untuk diamati secara langsung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran yang dikembangkan sudah sesuai dengan karakteristik pendekatan saintifik dan efektif sebagai suatu sumber belajar pada kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Karya Karya Umum = 000 |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 6663452 . Digilib |
Date Deposited: | 28 Jan 2015 03:24 |
Terakhir diubah: | 28 Jan 2015 03:24 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6496 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |