PEMBELAJARAN GERAK TARI SI KANCIL MENGGUNAKAN METODE BERCERITA DI TK ASSALAM 2 SUKARAME BANDARLAMPUNG

Luvhitaazqia25@gmail.com, Luvhita Azqia Madyaratry (2022) PEMBELAJARAN GERAK TARI SI KANCIL MENGGUNAKAN METODE BERCERITA DI TK ASSALAM 2 SUKARAME BANDARLAMPUNG. FAKULTAS KEGURAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran tari menggunakan metode bercerita dalam pembelajaran gerak tari si kancil di TK Assalam 2 Sukarame Bandarlampung. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas B 1 yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahapan analisis data yang didahului berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran gerak tari si kancil menggunakan metode bercerita berjalan sesuai dengan instrumen. Hal ini terlihat pada tahap pembelajaran tari menggunakan metode bercerita yaitu tahap pendahuluan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi yang dilakukan oleh guru. Siswa tampak aktif dengan metode yang digunakan, cepat dan mudah menghafal ragam gerak tari serta antusias ketika guru memberikan kesempatan untuk bercerita maupun memperagakan gerak di depan kelas. Kata kunci: gerak tari si kancil, metode bercerita, pembelajaran This study aims to describe dance learning using the storytelling method in learning the dance moves of the mouse deer at Assalam Kindergarten 2 Sukarame Bandar Lampung. The research was conducted using qualitative methods. This study's data sources were teachers and students of class B 1, totalling 16 students. This study's data collection techniques were observation, interviews, and documentation. The stages of data analysis are preceded by data reduction, data presentation, and concluding. The results of this study indicate that the learning process of the mouse deer dance moves using the storytelling method according to the instrument. This can be seen in the dance learning stage using the storytelling method, namely the preliminary stage, the implementation stage and the evaluation stage carried out by the teacher. Students seem active with the method used, quickly and easily memorize various dance movements and are enthusiastic when the teacher provides opportunities to tell stories or demonstrate movements in front of the class. Keywords: Deer Dance Moves, Storytelling Method, Learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
700 Seni, seni rupa, kesenian
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 2208625622 . Digilib
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:10
Terakhir diubah: 15 Aug 2022 02:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64973

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir