PERAN STAKEHOLDERS DALAM MEMBERIKAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PENCAPAIAN DESA OPEN DEFECATION FREE (ODF) DI PEKON TEBA, KECAMATAN KOTA AGUNG TIMUR, KABUPATEN TANGGAMUS

TRIA FADILLA, 1816011065 (2022) PERAN STAKEHOLDERS DALAM MEMBERIKAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PENCAPAIAN DESA OPEN DEFECATION FREE (ODF) DI PEKON TEBA, KECAMATAN KOTA AGUNG TIMUR, KABUPATEN TANGGAMUS. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3033Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pekon Teba, Kecamatan Kota Agung Timur, Kabupaten Tanggamus merupakan salah satu desa yang berhasil meraih status Open Defecation Free (ODF) dengan mengubah perilaku buang air besar sembarangan menjadi di jamban sehat. Pencapaian ini tidak terlepas dari peran stakeholders yaitu pemerintah desa, Yayasan Konservasi Way Seputih, PT. Tirta Investama, Puskesmas, dan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran stakeholders dalam memberikan dukungan sosial yang memicu perubahan perilaku masyarakat Pekon Teba untuk mencapai status ODF. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Hasil kajian menemukan peran strategis dalam memberikan dukungan instrumental, terutama terkait anggaran dan penyediaan infrastruktur pendukung sanitasi. Program ini tidak akan berjalan tanpa dukungan dan mekanisme dari pemerintah desa sebagai ujung tombak pelaksanaan pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat melalui kebijakan dan aturan yang sistematis terkait pencapaian desa ODF, diimbangi dengan peran serta masyarakat dalam mendukung program melalui keterlibatan dan keterbukaan untuk menerima perubahan. Dapat disimpulkan, seluruh komponen pemangku kepentingan telah beradaptasi dan bekerja sama membentuk suatu sistem yang terintegrasi sehingga pada akhirnya tujuan pencapaian ODF dapat terwujud dengan memelihara dan memberikan dukungan sosial berupa dukungan emosional, dukungan instrumental, dan dukungan informatif. Kata Kunci : ODF, dukungan sosial, peran stakeholders.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 2208352328 . Digilib
Date Deposited: 16 Aug 2022 03:15
Terakhir diubah: 16 Aug 2022 03:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64996

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir