WITRI PUSPITA SARI, 1823025014 (2022) PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS PBL-STEM MENGGUNAKAN MICROSOFT SWAY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KEBENCANAAN SISWA SMP. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) |
||
|
File PDF
TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2976Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PBL-STEM MENGGUNAKAN MICROSOFT SWAY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KEBENCANAAN SISWA SMP Oleh WITRI PUSPITA SARI Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan e-LKPD berbasis PBLSTEM untuk meningkatkan literasi bencana siswa dengan menggunakan Microsoft Sway . Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan 4d (four-D). Model pengembangan 4D terdiri dari 4 tahap, yaitu define, design, develop, dan diseminate. Instrumen yang digunakan adalah angket kebutuhan dan tes. Hasil penelitian menyatakan bahwa kemenarikan e-LKPD sebesar 88,20%, kemudahan sebesar 87,52%, kemanfaatan sebesar 90,96%. Hasil Effect Size eLKPD berbasis PBL-STEM terhadap literasi kebencanaan adalah 0,72 dalam kategori tinggi. e-LKPD berbasis PBL-STEM digunakan menumbuhkan efektifitas literasi khususnya materi ancaman gempa bumi di daerah dengan nilai N-gain 0,68 berkualifikasi sedang. Guru dan peserta didik menyatakan bahwa penggunaan huruf, kalimat dan bahasa pada e-LKPD mudah dipahami, menunjukkan bahwa e-LKPD berbasis PBL-STEM yang digunakan untuk mempelajari ancaman bencana gempa didareh menarik, bemanfaat dan bahasa yang digunakan mudah dimengerti serta dapat meningkatkan literasi kebencanaan siswa SMP. Kata kunci: e-LKPD, PBL-STEM, Literasi Kebencanaan, Microsoft Sway ABSTRACT DEVELOPMENT OF PBL-STEM-BASED E-LKPD USING MICROSOFT SWAY TO IMPROVE DISASTER LITERATURE OF SMP STUDENTS By WITRI PUSPITA SARI The purpose of this study was to develop a PBL-STEM-based e-woorksheet to improve students' disaster literacy using Microsoft Sway. This study uses the Research and Development (R&D) method with 4d (four-D). The 4D development model consists of 4 stages, namely define, design, develop, and disseminate. The instruments used are questionnaires of needs and tests. The results of the study stated that the attractiveness of e-worksheet was 88.20%, convenience was 87.52%, and usefulness was 90.96%. The result of Effect Size on PBL-STEM-based e-worksheet on disaster literacy is 0.72 in the high category. PBL-STEM based e-worksheet is used to grow literacy effectiveness, especially earthquake threat materials in areas with an N-gain value of 0.68 moderately qualified. Teachers and students stated that the use of letters, sentences and language in the e-worksheet was easy to understand, indicating that the PBL-STEM-based e-worksheet used to study the threat of earthquakes was found to be interesting, useful and the language used was easy to understand and could improve disaster literacy junior high school students. Key words: e- Worksheet, PBL-STEM, Disaster Literacy, Microsoft Sway
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial 300 Ilmu sosial > 303 Proses sosial |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA |
Pengguna Deposit: | 2208636897 . Digilib |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 03:45 |
Terakhir diubah: | 16 Aug 2022 03:45 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65010 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |