Identifikasi Struktur Bawah Permukaan Dengan Metode Gayaberat Berdasarkan Analisis Derivative, Model 2D dan 3D Pada Daerah Panas Bumi Gunung Ungaran, Jawa Tengah

Faradico Syukron Akbar, 1855051009 (2022) Identifikasi Struktur Bawah Permukaan Dengan Metode Gayaberat Berdasarkan Analisis Derivative, Model 2D dan 3D Pada Daerah Panas Bumi Gunung Ungaran, Jawa Tengah. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2148Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Gunung Ungaran termasuk dalam Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Gunung Ungaran merupakan gunung yang mempunyai sebuah potensi panas bumi karena ditemukan sumber mata air panas, tanah panas, fumarol, batuan teralterasi dan endapan travertin. Terdapat banyak metode geofisika yang dapat digunakan dalam tahapan identifikasi struktur, salah satunya adalah metode gayaberat. Dalam penelitian ini, metode gayaberat digunakan untuk mengidentifikasi zona patahan di kawasan panas bumi Gunung Ungaran sebagai pengontrol sistem panas bumi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan zona kedalaman anomali regional dan anomali residual menggunakan analisis spektrum, melakukan analisis struktur patahan berdasarkan pola anomali residual, analisis First Horizontal Derivative (FHD) dan Second Vertical Derivative (SVD), kemudian menginterpretasikan struktur bawah permukaan. berdasarkan model 2D dan model 3D anomali gayaberat. Didapatkan kedalam zona anomali regional 3.6 km dan kedalaman zona anomali residual 0.6 km. Beberapa daerah munculnya manifestasi ditemukan karena adanya struktur patahan yang ditemukan di daerah penelitian. Terdapat anomali rendah di puncak Gunung Ungaran yang diperkirakan merupakan zona lemah akibat keruntuhan dan diidentifikasi sebagai zona dimana terdapat reservoir di Gunung Ungaran.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Geofisika
Pengguna Deposit: 2208649115 . Digilib
Date Deposited: 18 Aug 2022 01:18
Terakhir diubah: 18 Aug 2022 01:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65066

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir