PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FILM PENDEK PADA MATA PELAJARAN PPKn TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP TOLERANSI PESERTA DIDIK DI SMA N 1 KOTAGAJAH

PIPIT RIYANI TANJUNG , 1853032001 (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FILM PENDEK PADA MATA PELAJARAN PPKn TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP TOLERANSI PESERTA DIDIK DI SMA N 1 KOTAGAJAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (209Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1749Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1488Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran film pendek pada mata pelajaran PPKn terhadap terhadap pemahaman konsep toleransi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA N 1 Kotagajah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 62 responden dan teknik perhitungan data pada penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 28. Berdasarkan hasil perhitungan analisis regresi sederhana menunjukkan adanya pengaruh media pembelajaran film pendek pada mata pelajaran PPKn terhadap terhadap pemahaman konsep toleransi peserta didik di SMA N 1 Kotagajah dengan presentase besarnya pengaruh positif yaitu 37,6%. Hasil dari penelitian ini adalah penayangan media pembelajaran film pendek cukup efektif untuk lebih meningkatkan sikap toleransi peserta didik melalui mata pelajaran PPKn, dilihat dari banyaknya peserta didik yang sangat antusias pada saat penayangan film pendek, serta banyaknya peserta didik yang memperhatikan sampai penayangan film pendek selesai. Semakin pendidik kreatif mencari media pembelajaran film pendek yang sesuai dengan materi ajar maka semakin peserta didik lebih memahami materi yang diberikan. Kata Kunci: media pembelajaran, film pendek, toleransi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 2208679105 . Digilib
Date Deposited: 18 Aug 2022 01:32
Terakhir diubah: 18 Aug 2022 01:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65069

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir