KAJIAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 3 NATAR PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DITINJAU DARI PERBEDAAN KEMAMPUAN AKADEMIK

ULFA RIANTIKA, 1513024050 (2022) KAJIAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 3 NATAR PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DITINJAU DARI PERBEDAAN KEMAMPUAN AKADEMIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3391Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3069Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis melalui pendekatan saintifik pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia di SMP Negeri 3 Natar pada siswa berdasarkan tingkat kemampuan akademiknya. Kemampuan akademik dibagi menjadi tiga kelompok yaitu kemampuan akademik tinggi, sedang, dan rendah. Desain penelitian yang digunakan adalah Ex post facto. Sampel dalam penelitian ini dicuplik dari populasi dengan teknik purposive sampling berjumlah 80 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis yaitu soal tes berbentuk essay berjumlah sepuluh dan mengacu pada lima indikator keterampilan berpikir kritis menurut Ennis yaitu : 1) memberikan penjelasan sederhana; 2) membangun keterampilan dasar; 3) menyimpulkan; 4) memberikan penjelasan lanjut; 5) strategi dan taktik. Data penelitian berupa hasil tes keterampilan berpikir kritis yang dianalisis dengan uji Anova dan data hasil wawancara serta pengisian angket guru dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis antara siswa berkemampuan akademik tinggi, sedang dan rendah. Nilai keterampilan berpikir kritis siswa berkemampuan akademik tinggi berbeda nyata (sig<0,05) dengan siswa berkemampuan akademik sedang dan rendah. Selanjutnya keterampilan berpikir kritis siswa berkemampuan akademik sedang tidak berbeda nyata (sig>0,05) dengan akademik rendah. Dengan demikian disimpulkan bahwa siswa yang akademik tinggi mempunyai penalaran dan cara berpikir yang lebih baik jika dibandingkan dengan siswa berkemampuan akademik yang rendah. Kata Kunci: Berpikir kritis, kemampuan akademik, materi sistem ekskresi pada manusia.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2208978453 . Digilib
Date Deposited: 18 Aug 2022 02:42
Terakhir diubah: 18 Aug 2022 02:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65086

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir