PENGARUH FOREIGN DEBT, LIKUIDITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN NILAI TUKAR TERHADAP KEPUTUSAN HEDGING (Studi pada Perusahaan BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020)

JOVI OSTANA MANGARA YUDHA, 1811031045 (2022) PENGARUH FOREIGN DEBT, LIKUIDITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN NILAI TUKAR TERHADAP KEPUTUSAN HEDGING (Studi pada Perusahaan BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020). FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (1001Kb) | Preview
[img] File PDF
2. FILE SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1240Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. FILE SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1242Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor internal khususnya utang foreign debt, likuiditas, dan ukuran perusahaan, serta faktor eksternal khususnya nilai tukar terhadap keputusan hedging. Nilai tukar selalu dipengaruhi oleh ketidakpastian. Untuk memastikan perusahaan tidak mengalami kerugian, maka perusahaan akan menerapkan manajemen risiko, seperti keputusan hedging. Hal ini sesuai dengan rekomendasi Kementerian BUMN untuk melakukan hedging dalam rangka manajemen risiko. Namun kenyataannya, tidak semua BUMN melakukan hedging. Untuk itu perlu dikaji faktor faktor apa saja yang mempengaruhi perusahaan melakukan hedging. Penelitian ini menambahkan profitabilitas sebagai variabel kontrol, karena penelitian ini tidak melibatkan keuntungan perusahaan, dan berfokus pada bagaimana perusahaan meminimalkan risiko potensi kerugian. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif, yaitu data sekunder yang bersumber dari laporan keuangan tahunan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020 yang diakses melalui website www.idx.co.id dan laporan tahunan BUMN yang diakses melalui situs resmi mereka. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik deskriptif, uji multikolinearitas, dan uji regresi logistik. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan pengaruh yang signifikan dari foreign debt dan ukuran perusahaan terhadap keputusan hedging perusahaan BUMN di Indonesia, sedangkan likuiditas dan nilai tukar tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan hedging perusahaan BUMN di Indonesia. Hasil ini menjelaskan bahwa BUMN di Indonesia lebih fokus pada foreign debt dan ukuran perusahaan, daripada likuiditas nilai tukar mereka pada keputusan mereka untuk melakukan hedging.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Akuntansi
Pengguna Deposit: 2208466956 . Digilib
Date Deposited: 18 Aug 2022 07:22
Terakhir diubah: 18 Aug 2022 07:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65109

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir