PERANCANGAN TAMAN EDUTAINMENT DENGAN METODE ROLE PLAYING

ISHMAH AL AZIZAH, 1515012029 (2022) PERANCANGAN TAMAN EDUTAINMENT DENGAN METODE ROLE PLAYING. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (12Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Sebagai generasi penerus bangsa, anak dibekali pendidikan yang baik untuk membentuk perilaku, pola pikir, dan wawasan anak. Kecenderungan anak yang senang bermain dapat dimanfaatkan untuk mendidik anak melalui media permainan. Pendidikan untuk anak tidak hanya didapat dari pendidikan formal saja, namun anak juga membutuhkan fasilitas pendukung untuk melengkapi proses belajarnya. Bermain bagi anak menjadi sebuah kebutuhan untuk mendukung tumbuh kembang anak. Hak anak atas ruang bermain menuntut ketersedian akan fasilitas ruang bermain yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan serta standar anak. Taman edutainment merupakan taman bermain yang edukatif dan rekreatif (edutainment) untuk meningkatkan kemampuan dasar pada anak melalui keberagaman jenis permainan di dalammya. Anak dalam proses belajar tak jauh dari proses meniru apa yang terjadi di sekitarnya, baik itu anak sebagai peran pasif (memperhatikan, mendengarkan, atau menyaksikan) maupun peran aktif (mendapatkan perlakukan atau perintah langsung) dari perilaku orang, objek, dan lingkungan sekitarnya. Tulisan ini menguraikan kebutuhan bermain anak melalui metode bermain peran (role playing) dalam menyediakan fasilitas bermain sambil belajar anak. Adapun output dari penulisan laporan perancangan ini yaitu desain Taman Edutainment untuk Anak di Bandar Lampung dengan menerapkan metode bermain peran (role playing) yang sesuai dengan standar anak, kebutuhan anak, dan menerapkan desain ramah anak. Kata Kunci: Anak, Taman Edutainment, Metode Role Playing As the nation's next generation, children are provided with a good education to shape their behavior, mindset, and insight. The tendency of children who like to play can be used to educate children through the media game. Education for children is not only obtained from formal education, but children also need supporting facilities to complete the learning process. Playing for children becomes a necessity to support the growth and development of children. The right of children to play space demands the availability of adequate playroom facilities and in accordance with the needs and standards of children. The edutainment park is an educational and recreational playground (edutainment) to improve the basic abilities of children through the diversity of types of games in it. Children in the learning process are not far from the process of imitating what is happening around them, whether children are in a passive role (paying attention, listening, or witnessing) or active roles (getting direct treatment or orders) from the behavior of people, objects, and the surrounding environment. This paper describes the need for children's play through the role playing method in providing play facilities while learning for children. The output of writing this design report is the design of an Edutainment Park for Children in Bandar Lampung by applying a role playing method that is in accordance with children's standards, children's needs, and applying a child-friendly design. Keywords: Children, Edutainment Park, Role Playing Method

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 700 Seni, seni rupa, kesenian > 720 Arsitektur
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Arsitektur
Pengguna Deposit: 2203963403 . Digilib
Date Deposited: 18 Aug 2022 08:06
Terakhir diubah: 18 Aug 2022 08:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65125

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir