PEMBELAJARAN TARI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI SMPN 13 BANDAR LAMPUNG

ADINDA PUTRI MAHARANI , 1813043027 (2022) PEMBELAJARAN TARI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI SMPN 13 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2098Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1004Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran tari menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share di SMPN 13 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah guru seni budaya dan siswa kelas 8.1 yang berjumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes praktik. Data dianalisis melalui tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pada proses pembelajaran tari menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share di SMPN 13 Bandar Lampung sudah terlaksana sesuai dengan prosedur, tahapan yang dilakukan dalam pembelajaran tari menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share yaitu, 1. Tahap Think, guru memberikan tugas pada setiap kelompok dan siswa mengerjakan tugas secara individu selama 15 menit. 2. Tahap Pair, guru mengarahkan siswa berdiskusi secara berpasangan selama 20 menit. 3. Tahap Share, guru meminta siswa mendemonstrasikan hasil diskusinya kedepan kelas secara berkelompok selama 5 menit. Materi yang diberikan adalah Tari Sigeh Pengunten, Tari Saman, Tari Merak, Tari Kecak, meskipun materi sangat beragam siswa tidak dituntut untuk mengetahui gerakan secara utuh. Hasil pengamatan pada tahap Think siswa mampu untuk mendeskripsikan gerak dan menganalisa ke dalam bentuk gerakan, tahap Pair siswa mampu berdiskusi secara berpasangan dan memberikan kritik dan saran, tahap Share siswa mampu mendemonstrasikan gerakan. Diperoleh hasil pada pembelajaran tari menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan presentase rata-rata nilai siswa 77,5 yang menunjukkan hasil kriteria baik. Kata Kunci: pembelajaran tari, model pembelajaran kooperatif, think pair share

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 700 Seni, seni rupa, kesenian
700 Seni, seni rupa, kesenian > 707 Pendidikan, penelitian, topik terkait bidang kesenian dan karya seni
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 2208569332 . Digilib
Date Deposited: 18 Aug 2022 08:45
Terakhir diubah: 18 Aug 2022 08:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65133

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir