KINERJA SISTEM AGRIBISNIS CABAI MERAH PADA KELOMPOK TANI TUNAS HARAPAN DI DESA BINJAI NGAGUNG KECAMATAN BEKRI LAMPUNG TENGAH

YASMIN, RANIA ALISA SYIFAWANDA (2022) KINERJA SISTEM AGRIBISNIS CABAI MERAH PADA KELOMPOK TANI TUNAS HARAPAN DI DESA BINJAI NGAGUNG KECAMATAN BEKRI LAMPUNG TENGAH. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (9Mb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (9Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (9Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja subsistem pengadaan sarana produksi, kinerja dan kelayakan subsistem usahatani cabai merah, kinerja dan nilai tambah subsistem pengolahan cabai merah, kinerja, saluran, dan marjin subsistem pemasaran cabai merah, kinerja subsistem jasa layanan penunjang cabai merah, peran kelompok tani terhadap sistem agribisnis, dan kinerja sistem agribisnis secara keseluruhan pada Kelompok Tani Tunas Harapan. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Desember 2021 hingga Januari 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dan pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara purposive (sengaja). Responden penelitian ini terdiri dari 42 petani cabai merah anggota kelompok tani, 4 pedagang pengumpul yang dipilih dengan metode sensus, 2 pedagang besar, dan 2 pedagang pengecer yang dipilih dengan metode snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan kinerja subsistem pengadaan sarana produksi sudah baik dengan persentase indeks agribisnis sebesar 88,84% dan telah sesuai berdasarkan kriteria 6 tepat, kecuali tepat kuantitas dan harga. Kinerja subsistem usahatani sudah baik dengan persentase indeks agribisnis sebesar 72,48%, usahatani cabai merah layak dan menguntungkan dengan R/C atas biaya tunai sebesar 1,86, dan R/C atas biaya total sebesar 1,52. Kinerja subsistem pengolahan sudah baik dengan persentase indeks agribisnis sebesar 62,50% dan pengolahan cabai giling layak dilakukan karena NT (Nilai Tambah) > 0 dengan rasio nilai tambah 33,07%. Kinerja subsistem pemasaran belum baik dengan persentase indeks agribisnis sebesar 18,75%, terdapat 3 saluran pemasaran cabai merah, dan saluran II merupakan saluran paling efisien. Kinerja subsistem jasa layanan penunjang berjalan dengan baik dengan persentase indeks agribisnis sebesar 63,37%. Kelompok tani cukup berperan dalam sistem agribisnis cabai merah dengan persentase 41,22%. Kinerja sistem agribisnis cabai merah secara keseluruhan belum baik dengan persentase indeks agribisnis sebesar 73,17%. Kata Kunci : Cabai merah, kinerja agribisnis, sistem agribisnis.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agribisnis
Pengguna Deposit: 2208870633 . Digilib
Date Deposited: 19 Aug 2022 07:50
Terakhir diubah: 19 Aug 2022 07:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65210

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir