ANALISIS RESPON DAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DENGAN TINGKAT AKREDITASI BERBEDA

LAURENSIA DANAR AYU SEKARINI, 1513024020 (2022) ANALISIS RESPON DAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DENGAN TINGKAT AKREDITASI BERBEDA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (150Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3221Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3062Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Sistem pendidikan yang berubah karena adanya pandemi Covid-19 memberikan tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan. Sistem pendidikan yang seharusnya dilaksanakan disekolah saat ini harus dilakukan dirumah, serta mewajibkan untuk tidak melakukan kegiatan pembelajaran tatap muka dan beralih pada pembelajaran daring (dalam jaringan) dengan menggunakan jaringan internet untuk memunculkan berbagai interaksi pembelajaran antara pendidik dan peserta didik. Proses belajar mengajar melalui pembelajaran daring diberlakukan tanpa adanya proses penyesuain, sehingga menuntut kesiapan baik dari pendidik maupun dari peserta didik sendiri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon dan penguasaan konsep peserta didik pada pembelajaran daring di sekolah dengan tingkat akreditasi berbeda. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Yos Sudarso Metro (Akreditasi A) dan seluruh peserta didik kelas X SMA Taruna Gajah Mada (Akreditasi B) yang berjumlah 150 Orang. Sampel diambil dari populasi dengan teknik cluster random sampling. Penelitian deskriptif ini menggunakan desain Ex Post Facto. Data penelitian ini berupa data kualitatif respon peserta didik yang di peroleh melalui angket respon peserta didik terhadap pembelajaran daring yang kemudian dianalisis secara deskriptif dan data kuantitatif pemahaman konsep peserta didik yang diperoleh dari skor posttest yang kemudian di analisis dengan uji Independent Sample t-Test pada taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan respon peserta didik pada pembelajaran daring di sekolah yang berakreditasi A (SMA Yos Sudarso Metro) dan disekolah yang berakreditasi B (SMA Taruna Gajah Mada) dengan rerata respon peserta didik pada sekolah akreditasi A yaitu 70,41 (termasuk kriteria “ Tinggi”) dan sekolah akreditasi B dengan rerata respon peserta didik 65,50 (termasuk kriteria “Sedang”). Hasil penguasaan konsep peserta didik terhadap pembelajaran daring yang paling tinggi pada indikator Clasifying di sekolah yang berakreditasi A dengan rerata 75,83 dan di sekolah yang berakreditasi B dengan rerata 68 dengan kategori sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dari penggunaan pembelajaran daring terhadap pemahaman konsep peserta didik dengan angka signifikansi 0,000. Kata kunci : Pembelajaran Daring, Respon Peserta Didik, Penguasaan Konsep, Akreditasi Sekolah

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2208953868 . Digilib
Date Deposited: 19 Aug 2022 08:44
Terakhir diubah: 19 Aug 2022 08:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65244

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir