Dewi Retno Puspitasari, 1713024048 (2022) ANALISIS SUMBER BELAJAR IPA BERMUATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KECAMATAN KOTAAGUNG PADA MATERI SISTEM GERAK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2252Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1317Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apa saja kearifan lokal masyarakat di Kecamatan Kotaagung yang sesuai dengan Kompetensi Dasar IPA SMP pada kurikulum tahun 2013 dan kelayakan kearifan lokal masyarakat di Kecamatan Kotaagung sebagai sumber belajar IPA bermuatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) pada materi sistem gerak. Subjek dalam penelitian ini yaitu, pendidik IPA, tokoh adat, serta masyarakat setempat. Desain penelitian yang digunakan berupa deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan dan studi lapangan (wawancara, angket, dan dokumentasi). Data dalam penelitian berupa data kualitatif yaitu hasil wawancara dan identifikasi kearifan lokal di Kecamatan Kotaagung yang sesuai dengan kompetensi dasar IPA SMP serta dapat digunakan sebagai sumber belajar IPA bermuatan STEM. Data kuantitatif berupa data hasil perhitungan angket kesesuaian kearifan lokal dengan kompetensi dasar IPA SMP dan angket kelayakan kearifan lokal sebagai sumber belajar IPA bermuatan STEM pada materi sistem gerak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat kearifan lokal masyarakat di Kecamatan Kotaagung, yakni tari pikhing khua belas sesuai dengan kompetensi dasar 3.1/4.1 kelas VIII. (2) kearifan lokal tari pikhing khua belas layak digunakan sebagai sumber belajar IPA bermuatan STEM pada materi sistem gerak. Kata kunci: sumber belajar, kearifan lokal, STEM, sistem gerak.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2208061990 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 01:58 |
Terakhir diubah: | 22 Aug 2022 01:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65287 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |