ANALISIS SUMBER BELAJAR IPA BERMUATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KECAMATAN KOTAAGUNG PADA MATERI SISTEM GERAK

Dewi Retno Puspitasari, 1713024048 (2022) ANALISIS SUMBER BELAJAR IPA BERMUATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KECAMATAN KOTAAGUNG PADA MATERI SISTEM GERAK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2252Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1317Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apa saja kearifan lokal masyarakat di Kecamatan Kotaagung yang sesuai dengan Kompetensi Dasar IPA SMP pada kurikulum tahun 2013 dan kelayakan kearifan lokal masyarakat di Kecamatan Kotaagung sebagai sumber belajar IPA bermuatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) pada materi sistem gerak. Subjek dalam penelitian ini yaitu, pendidik IPA, tokoh adat, serta masyarakat setempat. Desain penelitian yang digunakan berupa deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan dan studi lapangan (wawancara, angket, dan dokumentasi). Data dalam penelitian berupa data kualitatif yaitu hasil wawancara dan identifikasi kearifan lokal di Kecamatan Kotaagung yang sesuai dengan kompetensi dasar IPA SMP serta dapat digunakan sebagai sumber belajar IPA bermuatan STEM. Data kuantitatif berupa data hasil perhitungan angket kesesuaian kearifan lokal dengan kompetensi dasar IPA SMP dan angket kelayakan kearifan lokal sebagai sumber belajar IPA bermuatan STEM pada materi sistem gerak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat kearifan lokal masyarakat di Kecamatan Kotaagung, yakni tari pikhing khua belas sesuai dengan kompetensi dasar 3.1/4.1 kelas VIII. (2) kearifan lokal tari pikhing khua belas layak digunakan sebagai sumber belajar IPA bermuatan STEM pada materi sistem gerak. Kata kunci: sumber belajar, kearifan lokal, STEM, sistem gerak.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2208061990 . Digilib
Date Deposited: 22 Aug 2022 01:58
Terakhir diubah: 22 Aug 2022 01:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65287

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir