PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS POWTOON UNTUK PEMBELAJARAN BUKU FIKSI DI KELAS XI SMA

Muhammad Hafidz Naufal, 1613041021 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS POWTOON UNTUK PEMBELAJARAN BUKU FIKSI DI KELAS XI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2441Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1608Kb) | Preview

Abstrak

Masalah penelitian ini ialah bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi powtoon untuk pembelajaran buku fiksi di sekolah menengah atas (SMA) dan kelayakannya sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan dan kelayakan media powtoon untuk pembelajaran menganilisis pesan dan menyusun ulasan pesan dari satu buku fiksi yang dibaca pada kelas XI SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan dilakukan berdasarkan teori Borg and Gall yang disederhanakan menjadi enam tahap yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) tahap validasi produk, (5) revisi produk, dan (6) produk hasil. Produk yang dihasilkan berupa video animasi powtoon yang di dalamnya berisi materi buku fiksi. Kompetensi dasar yang dipakai adalah KD 3.11 menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca dan 4.11 menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca. Subjek penelitian ini adalah media powtoon yang akan digunakan pada pembelajaran buku fiksi di kelas XI SMA dan objek penelitian ini adalah kelayakan media powtoon tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah wawancara, angket ahli materi, angket ahli media, dan angket praktisi. Penelitian ini menghasilkan produk media animasi berbasis powtoon untuk pembelajaran menganalisis pesan dan menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca pada kelas XI SMA. Hasil validasi menunjukkan 1) dari ahli materi memperoleh persentase 80% kategori sangat layak, 2) dari ahli media memperoleh persentase 85,6% kategori sangat layak, dan 3) dari praktisi memperoleh persentase 89% kategori sangat layak. Dengan demikian, media pembelajaran animasi berbasis powtoon ini dapat dikategorikan sangat layak digunakan. Kata kunci : Media pembelajaran, media animasi powtoon, buku fiksi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2208335664 . Digilib
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:12
Terakhir diubah: 22 Aug 2022 04:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65335

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir