TINJAUAN PENGARUH GELOMBANG KEJUT DI PINTU PERLINTASAN KERETA API PADA KONDISI PINTU TERBUKA (Studi Kasus Segmen Jalan Urip Sumoharjo-Kimaja)

Sulthan Aditia Primo, 1615011079 (2022) TINJAUAN PENGARUH GELOMBANG KEJUT DI PINTU PERLINTASAN KERETA API PADA KONDISI PINTU TERBUKA (Studi Kasus Segmen Jalan Urip Sumoharjo-Kimaja). Fakultas Teknik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (200Kb) | Preview
[img] File PDF
FILE SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (10Mb)
[img]
Preview
File PDF
FILE SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (10Mb) | Preview

Abstrak

Persimpangan sebidang perlintasan kereta api dan jalan raya menyebabkan terjadinya tundaan yang dapat menimbulkan antrian. Penelitian ini berlokasi di persimpangan sebidang perlintasan kereta api pada Jalan Urip Sumoharjo, Bandar Lampung. Gelombang kejut akibat adanya perlintasan ini menyebabkan kendaraan menurunkan kecepatan atau tundaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya tundaan dengan pendekatan gelombang kejut berdasarkan nilai ekr (ekivalen kendaraan ringan) yang didapat dari metode rasio headway. Perhitungan nilai gelombang kejut berdasarkan model linier Greenshield. Berdasarkan analisis rasio headway didapatkan nilai ekivalen kendaraan ringan (ekr) untuk sepeda motor (SM) sebesar 0,60. Hasil penelitian pada pengamatan pagi menunjukkan peningkatan waktu tempuh dari 25,47 detik menjadi 31,29 detik akibat adanya antrian kendaraan. Pada perhitungan diperoleh nilai gelombang kejut maksimum ꞷab = -2,34 km/jam, ꞷcb = -8,48 km/jam, dan ꞷac = 6,99 km/jam dengan panjang antrian 13,5 m dan waktu penormalan 17,03 detik. Sedangkan hasil perhitungan untuk pengamatan sore diperoleh ꞷab = -14,92 km/jam, ꞷcb = -14,46 km/jam, dan ꞷac = 24,40 km/jam dengan panjang antrian 18 m dan waktu penormalan 17,73 detik. Kata kunci : Gelombang Kejut, Rasio Headway, Model Greenshield, Tundaan, Panjang Antrian

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil
Pengguna Deposit: 2208823773 . Digilib
Date Deposited: 22 Aug 2022 07:13
Terakhir diubah: 22 Aug 2022 07:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65358

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir