PEMANFAATAN MIKROKONTROLER ARDUINO DALAM MENGATUR PEMBERIAN AIR SECARA PERSISI UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN TANAMAN KANGKUNG (Ipomoea reptans P)

Niluh Dewi Pusvika, 1814121014 (2022) PEMANFAATAN MIKROKONTROLER ARDUINO DALAM MENGATUR PEMBERIAN AIR SECARA PERSISI UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN TANAMAN KANGKUNG (Ipomoea reptans P). Fakultas Pertanian , Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSIK NILUH FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1189Kb)
[img] File PDF
SKRIPSIK NILUH FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (691Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PEMANFAATAN MIKROKONTROLER ARDUINO DALAM MENGATUR PEMBERIAN AIR SECARA PERSISI UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN TANAMAN KANGKUNG (Ipomoea reptans P) Oleh NILUH DEWI PUSVIKA Sebagian besar petani di Indonesia masih melakukan perawatan dan pemeliharaan tanaman secara konvensional. Mikrokontroler arduino UNO dan sensor kelembaban tanah dinilai mampu membantu pekerjaan petani dalam mengatur kadar air tanah. Penelitian ini menggunakan tanaman kangkung sebagai pengaplikasian alat arduino UNO dengan perlakuan kadar air 80 – 100%, 60 – 80%, 40 – 60%, dan 20 – 40% dari kapasitas lapang. Penelitian ditujukan untuk (i) Mengetahui cara pemanfaatan mikrokontroler arduino dalam meningkatkan pertumbuhan kangkung (Ipomea reptans P) (ii) Mengetahui pengaruh beberapa level kadar air yang berbeda terhadap pertumbuhan kangkung (Ipomea reptans P) yang diatur secara presisi menggunakan mikrokontroler arduino (iii) Menentukan kadar air yang optimal pada pertumbuhan kangkung (Ipomea reptans P). Hasil penelitian, menunjukan bahwa pemanfaatan mikrokontroler arduino dan sensor kelembaban tanah dinilai dapat berkerja dengan baik sesuai program yang telah ditetapkan, sehingga mampu memenuhi kebutuhan kadar air kangkung melalui penyiraman otomatis. Pemberian air yang berbeda berpengaruh nyata pada hasil pertumbuhan kangkung. Kadar air 80-100% kapasitas lapang pada tanaman kangkung memberikan kontribusi terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil produksi tanaman kangkung. Sedangkan kadar air 40 – 60% kapasitas lapang pada tanaman kangkung mampu menghasilkan tanaman kangkung sudah layak jual. Kata kunci : arduino uno, kadar air, kangkung, dan kelembaban tanah

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan)
600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: 2208703706 . Digilib
Date Deposited: 23 Aug 2022 01:34
Terakhir diubah: 23 Aug 2022 01:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65405

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir