PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SD

Hanifah Ulfa Kusuma Wardani, 1813053074 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SD. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (447Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2143Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1973Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SD Oleh Hanifah Ulfa Kusuma Wardani Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V karena pendidik belum menggunakan model pembelajaran yang variatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran IPA terhadap kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian yaitu non-equivalent control gruop design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 2 Way Huwi dengan jumlah 44 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan ketentuan tertentu dengan jumlah 44 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dengan hasil ≥ (8,03≥ 4,32), jadi dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran IPA terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Negeri 2 Way Huwi. Kata Kunci: IPA, kemampuan berpikir kritis, problem based learning, ABSTRACT THE EFFECT OF PROBLEM BASED LEARNING MODELS IN LEARNING IPA TO ABILITY CRITICAL THINKING STUDENTS CLASS V ELEMENTARY SCHOOL By Hanifah Ulfa Kusuma Wardani The problem of this research is the low critical thinking ability of fifth grade students because educators have not used varied learning models. This study aims to describe and analyze the effect of problem based learning in science learning on critical thinking skills. This research method is a quasi-experimental research design with a non-equivalent control group design. The research population was all fifth grade students of SD Negeri 2 Way Huwi with a total of 44 students. Determination of the research sample using purposive sampling technique, namely the sampling technique with certain conditions with a total of 44 students. Data collection techniques using tests, observation sheets and documentation. Hypothesis testing using simple linear regression with the results ≥ (8,03≥ 4,32), so it can be concluded that there is an effect of problem based learning in science learning on the critical thinking skills of fifth grade students of SD Negeri 2 Way Huwi. Keywords : critical thinking ability, problem based learning, science

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 501 Filsafat dan teori ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2208222922 . Digilib
Date Deposited: 23 Aug 2022 02:01
Terakhir diubah: 23 Aug 2022 02:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65415

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir