ANALISIS PENURUNANAN MUKA TANAH (LAND SUBSIDENCE) MENGGUNAKAN TEKNOLOGI DINSAR SENTINEL-1 (Studi Kasus: Kota Bandar Lampung, Lampung)

Firmansyah bayu pamungkas, 1515013021 (2022) ANALISIS PENURUNANAN MUKA TANAH (LAND SUBSIDENCE) MENGGUNAKAN TEKNOLOGI DINSAR SENTINEL-1 (Studi Kasus: Kota Bandar Lampung, Lampung). TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI tanpa pembahasan.pdf

Download (3589Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kota Bandar Lampung mengalami penurunanan muka tanah rata-rata 0,06 cm/tahun, penurunanan muka tanah mencapai 5 hingga 30 mm/tahun pada tahun 2017. Dampak dari penurunan muka tanah adalah kerusakan infrastruktur wilayah pemukiman dan gangguan terhadap stabilitas ekonomi. Dengan melihat data tersebut kita memerlukan sistem mitigasi penurunan muka tanah yang memiliki kemampuan menyajikan analisis kebumian secara cepat dan optimal dalam konsep kajian cepat dengan mempertimbangkan efisien waktu, tenaga dan biaya untuk pemantauan fenomena alam ini secara berkala. Untuk itu dilakukan studi pemantauan penurunanan muka tanah dengan pengindaraan jauh memanfaatkan citra sentinel-1 yang memiliki sensor SAR (Synthetic Aperturee Radar) dengan jenis gelombang C-band serta memiliki dua buah satelit. Penelitian memanfaatkan citra sentinel-1 yang dikaji dengan teknologi DinSAR. Teknologi ini memiliki berbagai tahapan, serta membutuhkan dua buah atau lebih citra sebagai komponen utama pada penelitian ini. Tahapan awal yaitu koregistrasi dimana akan dihitung koherensinya pada pasangan citra, setelah itu lanjut proses pembentukan interferogram, pengolahan phase Unwrapping, kemudian pengolahan konversi fase menjadi tinggi, pembentukan model tinggi permukaan, kemudian pengolahan geocoding barulah model tinggi permukaan digital ber- georeferensi dapat digunakan sebagai penurunanan tanah. Hasil penelitian dengan memanfaatkan teknologi DinSAR sentinel-1 dapat menunjukan penurunan muka tanah di kota Bandar Lampung, dengan nilai penurunan tersebesar 0,007 meter dan nilai kenaikannya (uplift) tersebesar 0,01 meter. Hasil pengujian dengan uji T yang telah dilakukan antara pengamatan teknologi DinSAR dan GNSS bahwa H0 diterima yang berarti tidak memiliki perbedaan secara signifikan dengan demikian dapat dikatakan bahwa penelitian ini tidak memiliki perbedaan signifikan dengan pengamatan penurunan menggunakan GNSS pada tahun 2018-2019 di Kota Bandar Lampung. Kata kunci: Citra sentinel-1, DInSAR, penurunanan muka tanah.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Geodesi
Pengguna Deposit: 2203801448 . Digilib
Date Deposited: 23 Aug 2022 02:26
Terakhir diubah: 23 Aug 2022 02:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65428

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir