PERANCANGAN USER INTERFACE APLIKASI PADIMAN UNTUK DETEKSI PENYAKIT TANAMAN PADI MENGGUNAKAN METODE DESIGN SPRINT

Uji Khaidah Resti, 1815061011 (2022) PERANCANGAN USER INTERFACE APLIKASI PADIMAN UNTUK DETEKSI PENYAKIT TANAMAN PADI MENGGUNAKAN METODE DESIGN SPRINT. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (8Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Padiman adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan untuk mempermudah petani khususnya petani di Indonesia dalam mengetahui penyakit atau hama yang menyerang tanaman padi sehingga petani dapat mengantisipasi kegagalan panen sejak dini. Perancangan User Interface (UI) diperlukan dalam pembuatan aplikasi Padiman untuk menghasilkan aplikasi dengan tampilan UI yang mudah digunakan. Perancangan UI aplikasi Padiman dilakukan dengan menggunakan metode Design Sprint. Design Sprint adalah metode pendekatan dengan tujuan memvalidasi Prototype berdasarkan kebutuhan pengguna. Dalam melakukan validasi Prototype, dilakukan Usability Testing dengan mempertimbangkan beberapa kriteria seperti efficiency (efisiensi), effectiveness (efektivitas) dan Satisfaction (kepuasan) yang merupakan aspek Usability dari ISO (International Organization for Standardization) 9241-11. Usability Testing pada penelitian melibatkan 15 responden yang berlatar belakang masyarakat umum dan petani. Pada kriteria efektifitas mendapatkan hasil 100% berhasil dalam mengerjakan setiap Task scenario. Pada kriteria Efisiensi menghasilkan time based efficiency rata-rata sebesar 17 detik waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikan setiap task. Pada kriteria kepuasan digunakan metode SUS (System Usability Scale), hasil pengujian SUS menghasilkan nilai pada kriteria kepuasan dengan tingkat grade scale B dan skor 80,67. Kata Kunci : Padiman, Design Sprint, User Interface, System Usability Scale SUS), Usability.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Informatika
Pengguna Deposit: 2208491247 . Digilib
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:05
Terakhir diubah: 23 Aug 2022 03:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65434

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir