, HETI YANTI (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM KEGIATAN MENGARANG KELAS VA SD NEGERI 1 METRO UTARA. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Mengesahkan.pdf - Published Version Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (120Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (194Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (155Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (787Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (106Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (187Kb) | Preview |
|
Archive
PDF.zip - Published Version Download (2731Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar mengarang deskripsi siswa kelas VA SD Negeri I Metro Utara. Salah satu alternatif pembelajaran bermakna yang bermuara pada pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Learning Cycle adalah rangkaian tahap-tahap kegiatan (fase) yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga siswa dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan siswa berperan aktif. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri I Metro Utara dalam kegiatan mengarang deskripsi melalui model pembelajaran Learning Cycle. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang difokuskan pada situasi kelas atau lazim dikenal dengan Classroom Action Research. Metode ini dipilih didasarkan atas pertimbangan bahwa analisis masalah dan tujuan penelitian yang menuntut sejumlah informasi dan tindak lanjut berdasarkan prinsip daur ulang. Pertimbangan yang kedua bahwa penelitian ini menuntut kajian dan tindakan secara reflektif, kolaborasi, dan partisipasi berdasarkan situasi alamiah yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, angket, dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa melalui kolaborasi model pembelajaran Learning Cycle terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mengarang deskripsi pada siswa kelas V SD Negeri I Metro Utara. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran terlihat semakin meningkat, pada siklus I adalah 45,95%, siklus II 61,54%, dan pada siklus III 85,94%. Hasil rekapitulasi peningkatan terhitung, (1) dari siklus I ke siklus II meningkat (15,59 %) dan (2) dari siklus II ke siklus III meningkat (24,40%). Begitu pula dengan hasil belajar mengarang deskripsi siswa meningkat pada tiap siklusnya, pada siklus I, siklus II, dan siklus III adalah 67, dan rata-rata hasil belajar dari siklus I sebesar 65,97, siklus II sebesar 69,86 sedangkan pada siklus III sebesar 72,92, terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II (16,22%), sedangkan pada siklus II ke siklus III terdapat peningkatan sebesar (5,4%). Kata kunci : learning cycle, aktivitas, hasil belajar, karangan deskripsi.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 23 Jan 2014 03:39 |
Terakhir diubah: | 23 Jan 2014 03:39 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/655 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |