PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM KEGIATAN MENGARANG KELAS VA SD NEGERI 1 METRO UTARA

, HETI YANTI (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM KEGIATAN MENGARANG KELAS VA SD NEGERI 1 METRO UTARA. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Mengesahkan.pdf - Published Version

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (120Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (194Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (155Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (787Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (106Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (187Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (2731Kb)

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar mengarang deskripsi siswa kelas VA SD Negeri I Metro Utara. Salah satu alternatif pembelajaran bermakna yang bermuara pada pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Learning Cycle adalah rangkaian tahap-tahap kegiatan (fase) yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga siswa dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan siswa berperan aktif. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri I Metro Utara dalam kegiatan mengarang deskripsi melalui model pembelajaran Learning Cycle. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang difokuskan pada situasi kelas atau lazim dikenal dengan Classroom Action Research. Metode ini dipilih didasarkan atas pertimbangan bahwa analisis masalah dan tujuan penelitian yang menuntut sejumlah informasi dan tindak lanjut berdasarkan prinsip daur ulang. Pertimbangan yang kedua bahwa penelitian ini menuntut kajian dan tindakan secara reflektif, kolaborasi, dan partisipasi berdasarkan situasi alamiah yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, angket, dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa melalui kolaborasi model pembelajaran Learning Cycle terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mengarang deskripsi pada siswa kelas V SD Negeri I Metro Utara. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran terlihat semakin meningkat, pada siklus I adalah 45,95%, siklus II 61,54%, dan pada siklus III 85,94%. Hasil rekapitulasi peningkatan terhitung, (1) dari siklus I ke siklus II meningkat (15,59 %) dan (2) dari siklus II ke siklus III meningkat (24,40%). Begitu pula dengan hasil belajar mengarang deskripsi siswa meningkat pada tiap siklusnya, pada siklus I, siklus II, dan siklus III adalah 67, dan rata-rata hasil belajar dari siklus I sebesar 65,97, siklus II sebesar 69,86 sedangkan pada siklus III sebesar 72,92, terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II (16,22%), sedangkan pada siklus II ke siklus III terdapat peningkatan sebesar (5,4%). Kata kunci : learning cycle, aktivitas, hasil belajar, karangan deskripsi.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 23 Jan 2014 03:39
Last Modified: 23 Jan 2014 03:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/655

Actions (login required)

View Item View Item