PERANCANGAN UI/UX APLIKASI CAMPAIGN BERBASIS MOBILE UNTUK FITUR GAMIFICATION MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

ZAVIRA ALAMI , ALMIRA (2022) PERANCANGAN UI/UX APLIKASI CAMPAIGN BERBASIS MOBILE UNTUK FITUR GAMIFICATION MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (13Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (7Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Campaign adalah aplikasi berbasis mobile yang menyediakan ruang aman dan berdedikasi bagi penyelenggara kampanye untuk menantang pendukung mereka melakukan aksi sosial dan membuka donasi dari sponsor dimana pengguna dapat mengikuti aksi kampanye di mana saja dan kapan saja juga memberikan donasi tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun. Permasalahan yang dialami oleh Campaign adalah banyak pengguna yang tidak mengerjakan aksi challenge secara rutin karena pengerjaan aksi ini memerlukan jangka waktu beberapa hari, sehingga pengguna sering kehilangan motivasi di tengah jalan dan challenge tidak terselesaikan. Berdasarkan permasalahan tersebut, dirancanglah UI/UX design fitur gamification untuk memberikan motivasi pengguna dalam menyelesaikan challenge. Perancangan UI/UX design fitur gamification ini menggunakan metode Design Thinking yang melewati 5 tahapan yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, Test. Hasil dari penelitian ini adalah prototype fitur gamification yang dirancang dengan tiga kali iterasi perubahan dan dilakukan pengujian terhadap prototype untuk mendapatkan hasil desain UI/UX yang searah dengan tujuan utama. Hasil pengujian pada tiga informan adalah passed atau lulus dengan ratarata skor SEQ yaitu 6,57 dari skala 1-7. Terdapat beberapa elemen, seperti sistem level dan badges, yang perlu dikembangkan pada iterasi desain agar hasil desain UI fitur gamication lebih siap untuk digunakan. Kata Kunci: Campaign, Gamification, Design Thinking, SEQ, UI/UX

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
600 Teknologi (ilmu terapan)
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Informatika
Pengguna Deposit: 2208834808 . Digilib
Date Deposited: 24 Aug 2022 03:21
Terakhir diubah: 24 Aug 2022 03:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65504

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir