ANALISIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI SEKITAR SITUS BUDAYA TAMAN PURBAKALA PUGUNG RAHARJO (Studi Di Desa Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur)

Handrian Casfari, 1716021003 (2022) ANALISIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI SEKITAR SITUS BUDAYA TAMAN PURBAKALA PUGUNG RAHARJO (Studi Di Desa Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3349Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1577Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pengunjung pada objek wisata Taman Purbakala Pugung Raharjo dapat diketahui mengalami: kenaikan sebanyak 44,7 %, pada tahun 2014, penurunan sebanyak 3,4 % pada tahun 2015, kenaikan sebanyak 79 % pada tahun 2016, kenaikan sebanyak 55,7 % pada tahun 2017, kenaikan sebanyak 14 % pada tahun 2018, kenaikan sebanyak 7,6 % pada tahun 2019. Dengan kenaikan jumlah tersebut seharusnya dapat memberikan manfaat masyarakat sekitar wisata Situs Budaya Taman Purbakala Pugung Raharjo. Akan tetapi masyarakat sekitar yang memiliki usaha dalam bidang kuliner dan cinderamata belum merasakan manfaat dari Situs Budaya Taman Purbakala Pugung Raharjo. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemberdayaan masyarakat di sekitar Situs Taman Purbakala oleh Pemerintah Desa Pugung Raharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menjadikan Desa Pugung Raharjo dan sekitar Situs Budaya Taman Purbakala Pugung Raharjo sebagai lokasi penelitian. Dengan menggunakan beberapa pendekatan pemberdayaan masyarakat, strategi pemberdayaan masyarakat, dan indikator pemberdayaan masyarakat sebagai alat pembanding dengan kondisi di lokasi penelitian. Ketidak optimalnya kinerja Pokdarwis Gautama menyebabkan beberapa program tidak berkelanjutan dan berdampak pada usaha masyarakat yang bergantung dari program tersebut diantaranya adalah masyarakat yang memiliki usaha kuliner dan cinderamata. Namun saat ini pemberdayaan masyarakat dirasakan adalah masyarakat yang memiliki usaha jasa penginapan yang terletak di depan Taman Purbakala. Kata Kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Pokdarwis Gautama.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Pemerintahan
Pengguna Deposit: .Handrian Casfari
Date Deposited: 24 Aug 2022 03:51
Terakhir diubah: 24 Aug 2022 03:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65520

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir