PENGARUH INSECT GROWTH REGULATOR (IGR) BERBAHAN AKTIF PIRIPROKSIFEN SEBAGAI LARVASIDA VEKTOR MALARIA TERHADAP IKAN CERE (Gambusia affinis)

Novia Amorita, 1857021004 (2022) PENGARUH INSECT GROWTH REGULATOR (IGR) BERBAHAN AKTIF PIRIPROKSIFEN SEBAGAI LARVASIDA VEKTOR MALARIA TERHADAP IKAN CERE (Gambusia affinis). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1503Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1504Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Upaya pengendalian vektor malaria nyamuk (Anopheles spp.) dapat dilakukan secara kimiawi dengan menggunakan larvasida kimia. Salah satu larvasida yang efektif digunakan untuk pengendalian vektor malaria adalah Insect Growth Regulator (IGR) berbahan aktif piriproksifen. IGR diupayakan efektif dalam mematikan larva nyamuk, namun bagi organisme bukan sasaran seperti ikan cere (Gambusia affinis) yang banyak digunakan sebagai agen pengendali biologi terhadap larva nyamuk belum diketahui. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh IGR sebagai larvasida vektor malaria terhadap mortalitas ikan cere (G. affinis). Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Zoologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lampung pada bulan April-Mei 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode eksperimental skala laboratorium dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) 6 perlakuan dimana masing-masing perlakuan diulang sebanyak 4 kali dan dilakukan secara bersamaan. Kontrol dalam penelitian ini yaitu tanpa pemberian IGR dan 5 perlakuan penambahan IGR masing-masing dengan konsentrasi 12,5 ppm; 25 ppm; 50 ppm; 75 ppm; dan 100 ppm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IGR berbahan aktif piriproksifen tidak berpengaruh terhadap mortalitas G. affinis sehingga aman digunakan untuk pengendalian vektor malaria. Kata kunci : Ikan cere, Insect Growth Regulator, malaria, piriproksifen

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 2208445798 . Digilib
Date Deposited: 24 Aug 2022 08:09
Terakhir diubah: 24 Aug 2022 08:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65567

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir