SURVEI KEPADATAN POPULASI HAMA PENTING DAN AGENSIA HAYATI TANAMAN PADI SAWAH DI DESA TIRTALAGA KABUPATEN MESUJI, PROVINSI LAMPUNG

Khofifah Nur Indah Safitri , 1814121009 (2022) SURVEI KEPADATAN POPULASI HAMA PENTING DAN AGENSIA HAYATI TANAMAN PADI SAWAH DI DESA TIRTALAGA KABUPATEN MESUJI, PROVINSI LAMPUNG. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (645Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (538Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2021-Januari 2022 bertempat di Desa Tirtalaga Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung yang bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis hama penting dan agensia hayati dan kepadatan populasinya pada tanaman padi sawah. Metode penelitian dilakukan dengan cara survei (pengamatan langsung di lapang). Pengamatan ini dilakukan pada persawahan milik Kelompok Tani Makmur, Kelompok Tani Suka Maju, Kelompok Tani Sumber Rezeki, dan Kelompok Tani Suka Jadi. Pengamatan pada setiap petak sampel yaitu pengamatan secara langsung, dan pengamatan dengan pengayunan sweep net pada bagian pematang sawah. Pengamatan dilakukan sebanyak 12 kali sejak tanaman padi berumur 1 MST-12 MST. Jenis-jenis serangga hama yang ditemukan di tanaman padi sawah di Desa Tirtalaga Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung ialah hama putih palsu (Cnapalocrosis medinalis), wereng batang coklat (Nilaparvata lugens), penggerek batang padi putih (Scirpophaga innotata), wereng hijau (Nephotettix viresecens), dan walang sangit (Leptocorisa oratorius). Kepadatan populasi C. medinalis pada minggu ke-1 dan 2 di semua hamparan berada di atas ambang ekonomi, sedangkan pada minggu berikutnya populasi menurun hingga di bawah ambang ekonomi. Kepadatan populasi N. lugens, S. innotata, N. virescens, dan L. oratorius pada semua hamparan berada di bawah ambang ekonomi. Agensia hayati yang ditemukan antara lain Coccinellidae, Scarabaeidae, Dytiscidae, Andrallus spinidens, Tetragnathidae, Araneidae, Lycosidae, Coenagrionidae, Gomphidae, Mymaridae, Eurytomidae, Encyrtidae, Ichneumonidae, Formicidae, Dryinidae, Braconidae, Trichogrammatidae, dan Forficulidae. Kata kunci : Agensia hayati, hama penting, kepadatan populasi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: 2208095850 . Digilib
Date Deposited: 25 Aug 2022 02:02
Terakhir diubah: 25 Aug 2022 02:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65590

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir